Terungkap, Keuntungan Wanita Berkulit Gelap

Salah satu musuh utama wanita kala bepergian atau pun beraktivitas di luar ruangan adalah paparan sinar matahari.

Terungkap, Keuntungan Wanita Berkulit Gelap
JEZEBEL.COM
Model kulit hitam, Jordan Dunn 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Salah satu musuh utama wanita kala bepergian atau pun beraktivitas di luar ruangan adalah paparan sinar matahari. Sebab, paparan sinar matahari membuat kulit terbakar dan menjadi lebih gelap.

Untuk mencegahnya, seorang dermatolog, dr Srie Prihianti Gondokaryono, SpKK, PhD, FINSDV, FAADV, menyarankan untuk rajin menggunakan tabir surya, terutama untuk wanita yang berkulit putih.

“Semakin kulit (bewarna) terang, (tabir surya) yang dibutuhkan juga harus lebih kuat. Sebab, kalau kena sinar matahari, yang (kulit) putih lebih cepat terbakar,” ujarnya dalam acara Nivea Sun Adventure #EnjoyTheSun di Jakarta, Rabu (8/3/2017).

Dia melanjutkan, wanita yang memiliki warna kulit gelap justru lebih beruntung ketimbang mereka dengan warna kulit putih.

“Karena (kulit gelap) perlindungan alaminya sudah cukup besar dibanding kulit putih. Itu reaksi alami untuk proteksi tubuh sendiri,” jelasnya.

Perlindungan yang dimaksud adalah kadar melanin pada kulit.

“Jadi kalau kulit terkena sinar matahari, secara alami dia akan membuat proteksi melanin lebih banyak, gunanya untuk memproteksi agar sel kulit tidak mati,” ucapnya.

Walaupun demikian, Dr Srie tetap menyarankan wanita yang berkulit gelap untuk menggunakan tabir surya ketika beraktivitas di luar ruangan. Hal ini berfungsi untuk menjaga kulit dari penuaan dini, flek, hingga kanker kulit.

Editor: Edinayanti
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved