Biarkan Anak Berkreasi, Hindarkan Paksaan dan Batasan Terhadap Anak

Masa anak-anak merupakan masa di mana anak memiliki keingintahuan yang besar terhadap apapun yang dilihatnya.

Biarkan Anak Berkreasi, Hindarkan Paksaan dan Batasan Terhadap Anak
banjarmasinpost.co.id/khairil rahim
Sukma Noor Akbar, Psikolog ULM‎. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Rasa percaya diri pada anak sebenarnya bisa saja dilatih sejak dini yaitu dengan cara memberikan kebebasan pada anak ketika mengeksplorasi lingkungannya. Masa anak-anak merupakan masa di mana anak memiliki keingintahuan yang besar terhadap apapun yang dilihatnya.

Hindari terlalu banyak batasan atau larangan yg menghambat anak dalam bermain dan beraktivitas, biarkan rasa ingin tahunya berkembang yang akan memudahkannya mengasah kreativitas dan kepercayaan dirinya.

"Selain ekplorasi terhadap aktivitas dalam bermain, anak bisa dikenalkan sejak dini aktivitas-aktivitas sesuai bakat dan minat anak seperti minat dalam olahraga dan seni, ajak anak untuk melihat pertunjukan olahraga, teater, fashion show, musik dan berdiskusilah kepada anak agar anak bisa mengetahui minatnya pada bidang yang benar-benar disenanginya," ujar Sukma Noor Akbar, Psikolog ULM‎.

Anak yang memiliki minat pada suatu aktivitas tertentu bisa diikutkan dalam berbagai lomba-lomba, namun hal yang perlu diperhatikan adalah hindari pemaksaan oleh orangtua, biarkan anak mengikuti kegiatan tersebut tanpa paksaan.

Pujian dan dorongan bisa diberikan kepada anak, semakin banyak pujian maka semakin anak akan percaya diri. Hindari terlalu sering memberikan kritik atau terlalu menunjukkan keburukkan anak.

Janganlah sering menyalahkan anak, sebab dengan sering menyalahkan anak akan membuat anak menjadi takut, motivasilah terus dan yakinkan bahwa anak akan bisa. (*)

Penulis: Khairil Rahim
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help