Rutan Pelaihari Kedatangan Penghuni Lapas Banjarmasin

Kepala Rutan Klas IIB Pelaihari, H Muhammad Kamal membenarkan bahwa pihaknya menerima 30 orang narapidana.

Rutan Pelaihari Kedatangan Penghuni Lapas Banjarmasin
istimewa
Kepala Rutan Pelaihari, HM Kamal (paling kanan) berfoto bersama penghuni rutan Pelaihari yang dipindahkan ke Lapas Banjarmasin untuk mendapatkan pembinaan berkelanjutan, Senin (13/3/2017). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Sebanyak 30 narapidana (napi) penghuni Lapas Klas IIA Banjarmasin dipindahkan ke Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas IIB Pelaihari, Senin (13/3/2017).

Kepala Rutan Klas IIB Pelaihari, H Muhammad Kamal membenarkan bahwa pihaknya menerima 30 orang narapidana.

"Namun kami juga memindahkan 20 orang narapidana di Rutan Pelaihari untuk menjalani proses pembinaan lanjutan," ujarnya.

Menurut Kamal, pemindahan  narapidana penghuni Lapas Klas IIA Banjarmasin ke Rutan Pelaihari itu untuk mengurai kelebihan kapasitas di yang seharusnya hanya diisi 400 orang, justru saat ini diisi 2400 orang.

Proses pemindahan warga binaan tersebut dilakukan dengan pengawalan petugas Lapas Klas IIA Banjarmasin.

Kedua tangan 20 napi Rutan Pelaihati iti diberi borgol yang rantainya panjang dan dibawah penjagaan super ketat pihak kepolisian bersenjata agar tak meloloskan diri saat dipindahkan. 

Beberapa bulan sebelumnya, Lapas Kotabaru juga memindahkan penghuni ke Rutan Pelaihari, sebanyak 50 napi.

Kamal mengakui faktor over kapasitas di Kapas Kotabaru, juga menyeimbangkan jumlah petugas Lapas dengan jumlah napi atau tahanan titipan.

Menurutnya, pemindahan terpidana itu selain menjadi program Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Kalsel, juga menjadi kebijakan Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia untuk mengurangi kelebihan kapasitas di satu lapas atau rutan.

"Ini agar terjadi pemerataan isi hunian," katanya. (*)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help