Meski Sukses Turunkan Berat Badannya, Eman Ahmed Masih Perempuan Terberat di Dunia

Eman Ahmed Abdulati El Aty memang berhasil menurunkan berat badannya dari 500 menjadi 400 kg.

Meski Sukses Turunkan Berat Badannya, Eman Ahmed Masih Perempuan Terberat di Dunia
dailymail.co.uk
Eman Ahmed, perempuan terberat di dunia

BANJARMASINPOST.CO.ID - Eman Ahmed Abdulati El Aty memang berhasil menurunkan berat badannya dari 500 menjadi 400 kg. Meski demikian, bukan berarti ini menggugurkan "mahkota"-nya sebagai perempuan terberat di dunia, lebih berat dibandingkan perempuan terberat versi Guinness World Records.

Perempuan terberat di dunia versi Guinness World Records masih dipegang oleh Pauline Potter dari Amerika Serikat dengan berat 291,6 kg.

Belum lama ini, tim dokter di Mumbai, India, berhasil menangani pembedahan Eman yang berasal dari Mesir. Operasi itu berjalan lancar, dan perempuan itu pun sukses mengurangi berat badannya hingga 100 kg.

Eman Ahmed Abdulati sebelumnya tercatat memiliki bobot 500 kilogram. Dengan badan yang sedemikian berat, Eman tak bisa meninggalkan rumahnya di Mesir, selama lebih dari dua dekade.

Eman Ahmed ketika masih kecil
ketika masih kecil 

Ia pun akhirnya terpaksa “diangkut” ke Mumbai bulan lalu. Di kota penghasil film-film Bollywood itu ia akan menjalani bedah bariatrik. Bedah bariatrik (bariatric surgery) adalah operasi untuk menurunkan berat badan pada pasien obesitas morbid (obesitas yang menyebabkan penyakit).

Dalam kasus obesitas morbid, metode penurunan berat badan melalui diet, olahraga, dan pengobatan sudah tidak efektif.

“Dengan bahagia kami mengumumkan, tim medis dari RS Saifee sukses melakukan pembedahan terhadap Eman Ahmed,” demikian pernyataan tertulis pihak RS. “Eman berhasil menjalani operasi pada 7 Maret 2017 di RS Saifee.”

Permohonan visanya sempat ditolak

Saat ini Eman masih dalam fase pemulihan. Proses operasi ini diyakini akan memperbaiki kondisi kesehatan Eman yang terganggu akibat bobot badan berlebih.

“Setelah dinilai cukup sehat, dia akan kembali ke Mesir secepatnya.”

Halaman
12
Editor: Edinayanti
Sumber: Intisari Online
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved