Ekonomi

Perhatikan Empat Hal ini Sebelum Anda Memutuskan Investasi

Investment Analyst PT Sucorinvest Asset Management Billy Budiman menjelaskan hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda memutuskan untuk berinvestasi.

Perhatikan Empat Hal ini Sebelum Anda Memutuskan Investasi
net
Ilustrasi 

BANJARMASINPOST.CO.ID -  Investasi untuk jaminan keuangan masa depan sangatlah penting. Perlu kesiapan yang tepat bagaimana mengalokasikan dana yang dimiliki guna mencapai tujuan finansial baik dalam jangka pendek, menengah, maupun panjang.

Investment Analyst PT Sucorinvest Asset Management Billy Budiman menjelaskan, ada tiga hal utama yang mendasari perlunya investasi.

Pertama, adanya kebutuhan saat ini atau masa depan yang belum dipenuhi saat ini. Adapun alasan kedua adalah ada keinginan untuk meningkatkan atau melindungi nilai aset yang sudah dimiliki dan ada faktor inflasi.

Namun begitu, bukan berarti investasi tidak perlu dilakukan tanpa perencanaan matang.

Billy menilai, ada hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda memutuskan untuk berinvestasi.

Pertama, kondisi keuangan Anda harus positif.

“Periksa kembali pos-pos pengeluaran dan kurangi jika masih terjadi defisit,” ungkap Billy dalam acara Capital Market Update di Spazio Surabaya, Selasa (14/3/2017).

Kedua, utang konsumtif seperti misalnya kartu kredit harus dilunasi. Billy mengatakan, adalah hal yang tidak bijaksana ketika Anda harus membayar bunga kartu kredit sebesar 23 persen per tahun, sementara investasi hanya sekitar 10 sampai 20 persen.

Ketiga, Anda harus memiliki dana darurat. Dana ini hanya bisa digunakan dalam keadaan darurat, seperti pemutusan hubungan kerja (PHK), kecelakaan diri, menolong keluarga, dan hal-hal lain yang tak diinginkan.

“Keempat, Anda juga harus memiliki asuransi kesehatan dan jiwa. Agar jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, maka keluarga yang ditinggalkan masih bisa hidup untuk kurun waktu yang lebih lama,” tutur Billy.

Editor: Syaiful Akhyar
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help