BanjarmasinPost/

Serambi Ummah

Berkaca pada Brunei, Jangan Asal Mengeksploitasi Alam

Memang mereka kaya sumberdaya alam berupa minyak bumi, gas serta batubara, tapi tidak semena-mena mengeksploitasinya.

Berkaca pada Brunei, Jangan Asal Mengeksploitasi Alam
Istimewa
Ketua Yayasan Uniska Muhammad Arsyad Al Banjari, Dr Ir H Gusti Irhamni MT tatkala mengikuti pertemuan perguruan tinggi di Brunei pada 2015 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Soal menjaga lingkungan hidup, Kerajaan Brunei Darussalam sangat menomorsatukan hal itu. Memang mereka kaya sumberdaya alam berupa minyak bumi, gas serta batubara, tapi tidak semena-mena mengeksploitasinya.

Ketua Yayasan Uniska Muhammad Arsyad Al Banjari, Dr Ir H Gusti Irhamni MT tatkala mengikuti pertemuan perguruan tinggi di Brunei pada 2015 mengakui, negara tersebut memang memerhatikan alam dan lingkungan.

"Pemerintahnya tidak mau habis-habisan mengeksploitasi alam, bahkan setiap selesai ditambang dengan cepat direklamasi secara keseluruhan," ujarnya.

Begitu pula hutan. Masih banyak hutan di sana yang kondisinya sangat terpelihara, sehingga ketersediaan oksigen yang bersih sangat banyak.

Mulai bandara ke kota, jalan yang dilintasi itu di kiri kanannya sebagian besar hutan. Begitu segar udara sepanjang perjalanan, begitu nyaman dan damai terasa di hati.

"Harus diakui, pemerintahnya sangat memperhatikan penataan ruang. Tidak sembarangan dalam menata masyarakat, sistem pemerintahan, lingkungan hidup, ekonomi dan sosial," pungkas Irhamni.

Penulis: Salmah
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help