BanjarmasinPost/

Praktisi IT dari Kalsel Ini Berikan Tips Mengelola Ecommerce

Pertumbuhan Ecommerce di Indonesia semakin pesat dari tahun ke tahun. BPS mencatat di akhir 2016, total usaha ecommerce Indonesia mencapai 26,2 juta

Praktisi IT dari Kalsel Ini Berikan Tips Mengelola Ecommerce
istimewa
Ilustrasi 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Pertumbuhan Ecommerce di Indonesia semakin pesat dari tahun ke tahun. Tercatat oleh Badan Pusat Statistik (BPS) di akhir tahun 2016, jumlah total usaha ecommerce di Indonesia mencapai 26,2 juta.

Pertumbuhan Smartphone, Jangkauan internet, dan perubahan pola belanja masyarakat turut andil dalam perkembangan ecommerce.

Praktisi IT, Andi Riza mengatakan, dari sekian banyak ecommerce di Indonesia, jenis Marketplace atau pasar online lah yang paling banyak tumbuh dan berkembang. Persaingan di bisnis marketplace sangat sengit untuk memperebutkan kue yang sebenarnya cukup besar.

Berdasarkan survei dari Iprice tahun 2017, Lazada adalah jawara marketplace di Indonesia dengan jumlah kunjungan mencapai 49 juta pengunjung per bulan, disusul dengan Tokopedia 40 juta kunjungan, sedangkan Bukalapak mencapai 26 juta pengunjung perbulan.

Sebagai daerah yang terus berkembang dan mulai menjamurnya UMKM tentunya Kalsel menawarkan potensi bisnis yang besar. Tercatat ada beberapa marketplace yang dibangun, contohnya oleh salah satu pihak Perbankan bekerjasama dengan Pemerintah daerah, seperti banjarbaru-mall.com dan banjarmasin-mall.com.

Hal yang sebenarnya cukup baik untuk mempromosikan UMKM lokal menuju Pasar global. Tapi poin utamanya adalah apakah pelaku UMKM di Kalsel tertarik bergabung dan menggunakannya.

"Suatu tantangan tersediri bagi pengelolanya. Persaingan Marketplace bukan lagi terjadi secara sektoral tapi sudah internasional," katanya, Jumat (17/3/17).

Perlu kerja keras, strategi yang optimal, dan solusi kreatif untuk mengembangkannya. Jangan sampai hanya numpang lewat atau sekedar ada.

Melihat persaingan yang ada, tentunya tidak bisa sembarangan membangun Marketplace baru. Fitur dan layanan Marketplace harus dapat mengakomodasi kepentingan pelanggan, baik penjual maupun pembeli.

Pertama, Marketplace harus mampu menarik minat Penjual dan Pembeli sekaligus. Penjual mudah untuk membuka Toko Online dan Pembeli mudah melakukan segala transaksi disana.

Halaman
123
Penulis: Hasby
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help