Home »

Video

NEWS VIDEO

Setiap Jumat Si Jum Sisir Jalan Bagikan Nasi Bungkus Gratis

Si Jum bukanlah sebuah nama seseorang, Si Jum sebuah akronim yang berarti Sedekah Nasi bungkus Hari Jumat, sebuah komunitas kaum muda Amuntai.

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Si Jum bukanlah sebuah nama seseorang, Si Jum merupakan sebuah akronim yang berarti Sedekah Nasi bungkus Hari Jumat. Sebuah komunitas yang baru saja dibentuk oleh kaum muda Kota Amuntai Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Komunitas ini dibentuk karena adanya tujuan yang sama antar anggota untuk membagikan Sedekah berupa Nasi bungkus kepada warga Kabupaten HSU yang membutuhkan.

Mengapa Nasi bungkus? Ahlal Kamal warga Desa Panangkalaan Kecamatan Amuntai Utara yang merupakan salahsatu pendiri komunitas ini mengatakan Nasi bungkus merupakan makanan yang disukai oleh sebagian besar orang.

"Dengan makanan, Insya Allah seseorang akan mendapatkan energi untuk melakukan kegiatan baik bekerja dan beribadah," ujarnya.

Dengan harapan dengan seseorang yang mendapatkan tenaga dari Nasi bungkus untuk bekerja yang bernilai ibadah maka Insya Allah pahalanya juga akan mengalir untuk para dermawan. Dengan terus memperbaiki niat, Insya Allah kegiatan ini juga dapat bernilai ibadah.

Ahlal menambahkan adanya Komunitas Si Jum Amuntai ini juga membantu bagi yang ingin bersedekah Nasi bungkus namun tidak memiliki waktu.

Komunitas ini dimulai dengan anggota sekitar sepuluh orang, dan diharapkan dapat terus bertambah.

Donas yang didapatkan dari kiriman uang melalui bank atau diserahkan langsung akan digunakan untuk membeli Nasi bungkus. Seluruh uang digunakan untuk membeli Nasi bungkus.

Komunitas Si Jum Amuntai juga memiliki tujuan untuk menghidupkan sholat subuh berjamaah di hari jumat. Karenanya sebagian Nasi bungkus juga diberikan kepada jamaah, dan diharapkan jamaah akan terus bertambah.

Usai melaksanakan sholat subuh berjamaah, anggota Si Jum mulai membagikan Nasi bungkus dengan mengendarai sepeda motor menyisir jalan.

Halaman
12
Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help