BPost Edisi cetak

Pilih Sekolah yang Disukai Anak

“Zaman sekarang tujuan orangtua memasukkan anaknya ke pendidikan anak usia dini (PAUD)/TK berbagai macam"

Pilih Sekolah yang Disukai Anak
dokumen
BPost edisi Minggu (19/3/2017) 

BANJARMASINPOST.CO.ID - PSIKOLOG Kalsel, Rifqoh Ihdayati mengatakan, untuk persiapan anak masuk PAUD dan TK tentu berbeda dibanding mempersiapkan anak masuk SD dan jenjang di atasnya.

“Zaman sekarang tujuan orangtua memasukkan anaknya ke pendidikan anak usia dini (PAUD)/TK berbagai macam. Yang terbanyak adalah daripada di rumah, tidak ada yang menjaga. Ini alasan orangtua yang bekerja,” kata Rifqoh.

Alasan kedua, lanjutnya, adalah keinginan orangtua untuk mengoptimalkan kemampuan anaknya. Banyak orangtua ingin anaknya cepat bisa baca, tulis dan berhitung.

“Hal tersebut jelas tidak sesuai dengan tugas tahapan perkembangan anak usia masuk PAUD dan atau TK yakni bermain,” katanya.

Alasan yang paling tepat, lanjutnya, adalah dengan memasukkan anak ke PAUD atau TK, orangtua bisa mendorong anak untuk bersosialisasi dan melatih kemandirian.

Banyak orangtua yang tidak tahu bahwa kemampuan anak bersosialisasi itu merupakan salah satu dari kecerdasan yang harus dimiliki anak, dan orangtua harus menstimulasi juga.

“Saya sarankan, pilih sekolah yang disukai anak. Jangan memaksakan anak bersekolah di sekolah pilihan orangtua yang anaknya sendiri tidak menghendaki sekolah tersebut,” ujarnya.

Selengkapnya baca harian Banjarmasin Post hari ini, Minggu (19/3/2017), atau klik http://epaper.banjarmasinpost.co.id

BPost edisi Minggu (19/3/2017)
BPost edisi Minggu (19/3/2017) (dokumen)
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved