BanjarmasinPost/

Serambi Ummah

Dekan Fakultas Tarbiyah IAIN : Pentingnya Pendidikan Karakter Sejak Dini

Pendidikan karakter, kembali dikemukakan para pakar pendidikan untuk mendidik generasi muda bangsa.

Dekan Fakultas Tarbiyah IAIN : Pentingnya Pendidikan Karakter Sejak Dini
serambiummah.com
Serambi Ummah edisi Jumat (17/3/2017) 

BANJARMASINPOST.CO.ID - PENDIDIKAN karakter, kembali dikemukakan para pakar pendidikan untuk mendidik generasi muda bangsa. Karakter sangat diperlukan untuk membentuk watak dan akhlak anak-anak, agar ke depannya mereka menjadi manusia-manusia yang berkepribadian baik.

Beberapa kalangan, ada yang mengukur keberhasilan pendidikan berdasarkan prestasi akademik. Namun, itu hanyalah angka-angka untuk mengukur keberhasilan seseorang dalam menempuh pendidikan.

Kalangan pendidik banyak pula yang mengatakan, sebenarnya keberhasilan pendidikan lebih didasarkan pada karakter peserta didik, yaitu harus bisa menjadi manusia yang berkepribadian baik, karena itu akan lebih langgeng dan berlangsung lama.

Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Antasari, Hidayat Ma’ruf mengatakan karakter anak perlu dibentuk sejak dini dari rumah tangga. Bahkan, dalam ajaran Islam, pendidikan karakter anak dilakukan sejak masih dalam kandungan. Dalam hal ini penanggung jawabnya adalah orangtuanya, terutama ibunya.

Agar pendidikan karakter anak di rumah bagus dan berhasil, maka diperlukan pula figur orangtua yang baik dan bisa dijadikan teladan yang bagus untuk anak-anak.

“Tak hanya itu, bahkan di KUA juga ada pelatihan untuk para calon pengantin. Setelah menikah, mereka akan menjadi orangtua bagi anak-anak mereka. Sejak awal mereka perlu dididik menjadi orangtua yang baik, agar pendidikan karakter anak-anak mereka kelak berhasil,” terangnya.

Dalam Islam juga diajarkan agar para orangtua, khususnya ibu, saat sedang hamil agar memperbanyak aktivitas mendekatkan diri kepada Allah SWT, sering mengaji Alquran, berdoa untuk anak di kandungan dan menjauhkan diri dari perbuatan-perbuatan maksiat.

“Contohnya, saat sedang hamil jangan menggunjing atau malah menonton acara-acara gosip di televisi. Ibu hamil juga dilarang stres agar kehamilan lancar dan kondisi bayinya sehat. Itu juga penting dalam memulai pendidikan karakter anak karena disadari atau tidak, kondisi kejiwaan ibunya akan sangat berpengaruh ke kejiwaan anak saat di kandungan,” paparnya.

Pendidikan karakter untuk anak di sekolah juga sangat diperlukan, khususnya lagi di jenjang sekolah dasar. Di masa-masa ini, anak berada di usia yang mudah mencontoh perilaku orang-orang dewasa di sekitar mereka. Di sekolah, orang-orang dewasa itu adalah para guru mereka.

Para guru harus mampu menjadi contoh yang baik untuk anak-anak didik mereka. “Anak mencontoh apa yang mereka lihat dan dengar dari para guru mereka. Di usia SD ini, anak tak banyak memerlukan kalimat-kalimat nasihat dan pengetahuan, tetapi contoh perilaku yang baik,” tutupnya. (ath)

Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help