BanjarmasinPost/

Serambi Ummah

H Ridhahani Fidzi: Muhammadiyah Telah Terapkan Pola Ini Sejak Lama

Muhammadiyah sebagai organisasi keislaman, sejak lama telah menerapkan pola pendidikan seperti ini.

H Ridhahani Fidzi: Muhammadiyah Telah Terapkan Pola Ini Sejak Lama
Serambi Ummah edisi Jumat (17/3/2017) 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Pemdidikan karakter untuk anak-anak, sebenarnya sudah diajarkan sejak lama. Dalam Islam, biasanya disebut pendidikan akhlakul karimah atau perilaku yang baik.

Muhammadiyah sebagai organisasi keislaman, sejak lama telah menerapkan pola pendidikan seperti ini.

Wakil Ketua Pimpinan Wilayah (PW) Muhammadiyah Kalimantan Selatan, H Ridhahani Fidzi mengatakan Muhammadiyah memiliki kurikulum khusus yang diajarkan kepada siswa yang bersekolah di Muhammadiyah.

“Ada tiga dasarnya. Pertama, kami memiliki mata pelajaran Agama Islam dan Kemuhammadiyahan. Di sini para siswa diajarkan untuk memiliki nilai-nilai karakter atau akhlak yang baik sejak dini,” sebutnya.

Kedua, keteladanan guru atau qudwah. Sebagai pendidik, guru diharuskan memberikan teladan yang baik kepada para siswanya, khususnya lagi di sekolah-sekolah tingkat bawah seperti sekolah dasar.

Ketiga, pelibatan siswa dalam membuat atau menciptakan karakter bangsa. Sebagai contoh mudahnya adalah siswa diajarkan membuang sampah pada tempatnya dan itu harus mereka praktikkan di kehidupan sehari-hari.

“Sebab, kecerdasan emosional akan lebih bagus jika dibarengi dengan kecerdasan spiritual. Jadi, siswa tak hanya dibekali ilmu pengetahuan, tetapi juga keimanan. Itu akan lebih efektif dalam membentuk karakter bangsa ini,” tegasnya. (ath)

Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help