Berita Banjarmasin

Ajak Anak yang Kerap Nongkrong Depan Pagar Sabilal Agar Ikut Pesantren

"Daripada selama libur hanya diam di rumah, lebih baik para pelajar diwajibkan ikut Pesantren Ramadan di Masjid Raya Sabilal Muhtadin," jelasnya.

Ajak Anak yang Kerap Nongkrong Depan Pagar Sabilal Agar Ikut Pesantren
Banjarmasinpost.co.id/Salmah
Sejumlah pengurus Angkatan Muda Masjid Raya Sabilal Muhtadin berfoto bersama dengan jajaran petinggi BPost Group, Selasa (21/3/2017). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Angkatan Muda Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin, terbilang rajin berkegiatan. Salah satu yang rutin mereka gelar adalah pesantren Ramadan.

Pesantren Ramadan pada tahun ini rencananya dilaksanakan pada awal Juni seiring datangnya bulan puasa. Seperti tahun-tahun sebelumnya, pesantren dijadwalkan berlangsung selama 17 hari.

Rencana digelarnya pesantren Ramadan 1438 Hijriyah tersebut adalah satu hal yang disampaikan oleh pengurus Angkatan Muda Masjid Raya Sabilal Muhtadin saat audiensi dan silaturahmi kepada pimpinan BPost Group, Selasa (21/3/2017).

Pada pertemuan tersebut, para pengurus Angkatan Muda Masjid Sabilal Muhtadin diterima oleh Pimpinan Umum BPost Group, HG (P) Rusdi Effendi AR yang juga Ketua Dewan Masjid Provinsi Kalsel.

Rusdi merespons positif kegiatan tahunan itu dan ia juga berpesan agar setiap pesantren Ramadan ada pembeda dari tahun sebelumnya.

"Misal panitia menginap di halaman masjid dengan membangun tenda-tenda. Ini akan banyak manfaatnya," jelas Rusdi.

Manfaat pertama, angkatan muda bisa menjaga kebersihan lingkungan masjid. Kedua, semakin memakmurkan masjid. Bahkan ide Rusdi, panitia menggelar khatamul Quran di lokasi terbuka itu dengan menggunakan lampu teplok.

"Dulu, hanya diterangi lampu teplok tapi orang-orang mampu khatam Nah zaman sekarang sudah terang benderang, harusnya tidak ada kendala. Jadi prinsipnya pesantren Ramadhan itu berikan nilai tambah agar semakin bagus," pesannya.

Ketua Pemuda Masjid Raya Sabilal Muhtadin, M Rahmatullah, menyatakan terima kasih atas masukan tersebut. Ia pun berharap dukungan dan kerja sama BPost Group terhadap kegiatan angkatan muda terus berlanjut.

"Sebagai pengurus baru, kami berusaha meneruskan program yang sudah rutin dilaksanakan. Kami juga mohon terus didukung, karena BPost Group sangat berperan dalam setiap kegiatan kami," tukasnya.

Ditambahkan Wakil Ketua Angkata Muda Masjid Raya Sabilal Muhtadin, Syahruni, pesantren Ramadan adalah wadah membentuk akhlak anak dan remaja.

"Kami juga akan mengajak anak dan remaja yang kerap nongkrong di depan pagar masjid agar terlibat di pesantren Ramadan," ungkapnya.

Selain itu pihaknya juga akan menjajaki kerjasama dengan Dinas Pendidikan Banjarmasin agar siswa-siswi beragama Islam diwajibkan ikut pesantren Ramadan di Masjid Raya Sabilal Muhtadin.

"Daripada selama libur hanya diam di rumah, lebih baik para pelajar diwajibkan ikut Pesantren Ramadan di Masjid Raya Sabilal Muhtadin," jelasnya.

Menurut Syahruni, daya tampung masih cukup besar. Buktinya pada tahun 2016 lalu pesantren Ramadhan diikuti 1.200 santri.

Penulis: Salmah
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help