Banjarmasin Post Edisi Cetak

Heboh, Mencuat Lagi Wacana Ibu Kota Pindah ke Palangkaraya, Harga Tanah Melonjak

Yusuf kini tengah harap-harap cemas. Warga Kecamatan Rungkupit, Palangkaraya, Kalimantan Tengah ini mendengar kabar wacana pemindahan ibu kota Republ

Heboh, Mencuat Lagi Wacana Ibu Kota Pindah ke Palangkaraya, Harga Tanah Melonjak
Banjarmasin Post edisi cetak hari ini, Selasa (21/3/2017). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Yusuf kini tengah harap-harap cemas. Warga Kecamatan Rungkupit, Palangkaraya, Kalimantan Tengah ini mendengar kabar wacana pemindahan ibu kota Republik Indonesia ke Kalimantan Tengah. Dia pun siap menjual tanah miliknya.

“Lahan kami memang akan dijual, jika ada yang mau. Memang, kabarnya akan jadi lokasi perkantoran kementerian,” ujar Yusuf, Senin (20/3).

Meski baru sebatas wacana dan baru tahap rencana kajian, namun merebaknya kembali pemindahan ibu kota negeri ini ke Palangkaraya, membuat iklim jual beli tanah di Bumi Tambun Bungai jadi menghangat. Harga tanah pun mendadak melonjak tajam.

Tiga wilayah di Kalteng disebut-sebut bakal jadi area lokasi ibu kota baru RI yakni Kota Palangkaraya, Kabupaten Katingan dan Kabupaten Gunungmas.

Warga Kalteng yang memiliki tanah di Kecamatan Rakumpit, Kecamatan Bukitbatu Palangkaraya serta di Katingan Hulu dan Kecamatan Tewang Senggalang Garing – disebut-sebut akan dijadikan sebagai lokasi pemindahan ibu kota pemerintahan RI– pun ramai-ramai menawarkan tanah mereka dengan harga tinggi.

Bahkan, sejumlah lokasi di kecamatan yang akan dijadikan sebagai tempat cikal-bakal pembangunan perkantoran kementerian dan lainnya, sudah banyak dipasangi plang-plang nama pemilik lahan yang siap menjual lahannya dengan harga di atas nilai jual objek pajak ( NJOP) yang telah ditetapkan pemerintah.

William, Camat Rakumpit, dihubungi tadi malam menyebut, lahan yang ada wilayahnya kebanyakan lahan milik perkebunan atau milik perusahaan swasta. Adapun masyarakat sebagai pemilik lahan masih jarang. (*)

Lengkapnya baca harian Banjarmasin Post edisi hari ini, Selasa (21/3/2017).

Anda bisa juga mendapatkan berita-berita harian Banjarmasin Post dengan mengklik http://epaper.banjarmasinpost.co.id

Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help