BanjarmasinPost/

RSUD Ratu Zalecha Miliki Poli Layanan Penderita HIV/AIDS

Plt Direktur RSUD Ratu Zalecha meresmikan poli VCT As-Syifa. Poli ini, bakal memberikan akses layanan kepada masyarakat dalam penanggulangan HIV/AIDS.

RSUD Ratu Zalecha Miliki Poli Layanan Penderita HIV/AIDS
banjarmasinpost.co.id/net
RSUD Ratu Zalecha 

BANJARMASINPOST. CO. ID. MARTAPURA - Plt Direktur RSUD Ratu Zalecha dr. H Eko Subiyanto meresmikan poli VCT As-Syifa. Poli ini, bakal memberikan akses layanan kepada masyarakat dalam penanggulangan HIV/AIDS.

Di sela-sela peresmian poli VCT As-Syifa Eko Subiyanto mengajak masyarakat Kabupaten Banjar maupun sekitarnya seperti Kota Banjarbaru dan Kabupaten Tapin agar dapat memanfaatkan tersedianya poli kilik Voluntary Conseling and Testing (VCT) khusus pasien Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) ini.

Poli VCT As-Syifa ini, terangnya, terbuka untuk siapa saja yang secara sukarela tanpa paksaan ingin memeriksakan dirinya terhadap status kesehatannya baik untuk yang tanpa gelaja HIV maupun untuk yang dengan tanda-tanda HIV.

"Silahkan bagi seluruh masyarakat di Kabupaten Banjar maupun sekitarnya yang berkemauan untuk melakukan tes VCT di Poliklinik As-Syifa RSUD Ratu Zalecha Martapura yang memberikan pelayanan VCT dengan tenaga medis dan konselor yang sudah terlatih,” terang dr. H Eko Subiyanto.

Ketua Tim layanan klinik penanggulangan HIV/AIDS RS Ratu Zalecha Martapura dr. H Nanang Miftah Fajari mengatakan VCT adalah proses konseling pra testing, konseling post testing, dan testing HIV secara sukarela yang bersifat confidental (rahasia) dan secara lebih dini membantu orang mengetahui status HIV.

“Tujuan utama VCT As-Syifa ini adalah untuk mendorong orang yang sehat, asimtomatik untuk mengetahui status HIV, sehingga mereka dapat mengurangi tingkat penularannya. VCT dapat menurunkan perilaku beresiko, terutama pada mereka yang telah dites dan dapat membantu beberapa program preventif di masyarakat,” jelas dokter spesialis penyakit dalam ini. (*)

Penulis: Hari Widodo
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help