Skema Permainan Enrique di Barcelona Dipertanyakan

Meski berdampak sangat positif bagi ketajaman lini serang, Pique mengaku bahwa skema tersebut menghadirkan bahaya

Skema Permainan Enrique di Barcelona Dipertanyakan
DAVID RAMOS/GETTY IMAGES
Bek FC Barcelona, Gerard Pique (kanan) dan Samuel Umtiti (tengah), bercanda dengan Lionel Messi dalam sesi latihan di Ciutat Esportiva Joan Gamper, Barcelona, Spanyol, pada 18 Oktober 2016. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARCELONA - Dua pemain bertahan Barcelona, Gerard Pique dan Samuel Umtiti, mulai mempertanyakan skema permainan yang terapkan pelatih Luis Enrique.

Luis Enrique kini menerapkan skema 3-4-3 bersama Barcelona. Dalam lima pertandingan terakhir, Enrique hanya satu kali kembali ke skema 4-3-3 saat kalah 1-2 dari Deportivo La Coruna di Liga Spanyol, Minggu (12/3/2017).

Sedangkan selama menerapkan skema 3-4-3, Barcelona selalu menang. Blaugrana sukses mencukur Sporting Gijon dengan skor 6-1, Celta Vigo (5-0), Paris Saint-Germain (6-1), dan Valencia (4-2).

Meski berdampak sangat positif bagi ketajaman lini serang, Pique mengaku bahwa skema tersebut menghadirkan bahaya di lini pertahanan tim.

Hal ini dirasakan bek berusia 30 tahun itu saat kecolongan dua gol dari Valencia, Minggu (19/3/2017).

"Hal itu adalah risiko yang harus kami terima. Kami adalah tim yang sangat ofensif, selalu ingin menyerang, tetapi semua itu akan menghadirkan konsekuensi," ucap Pique.

"Di lini pertahanan, kami mengalami lebih banyak kesulitan karena ada lebih banyak ruang bagi lawan. Menjadi bek Barca harus disertai dengan tanggung jawab besar dan itu adalah risiko yang harus kami terima," tuturnya.

Hal senada juga diutarakan Umtiti. Pemain asal Prancis itu mengaku masih kesulitan menerapkan skema tiga pemain sejajar di pertahanan Barcelona.

"Dengan 3-4-3, lini pertahanan menjadi sangat tidak terlindungi, sehingga sebagai bek kami harus bisa menyeimbangkan posisi dan gerakan dengan baik," ujarnya.

Editor: Halmien
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help