BanjarmasinPost/
Home »

Video

NEWS VIDEO

Tradisi Perang Laluhan Meriahkan Hari Jadi Kota Kualakapuas

Dalam rangka Hari Jadi Kota Kualakapuas ke 211 dan HUT Pemkab Kapuas ke 66 tahun 2017, berbagai kegiatan dilaksanakan.

BANJARMASINPOST.CO.ID, KUALAKAPUAS - Dalam rangka Hari Jadi Kota Kualakapuas ke 211 dan HUT Pemkab Kapuas ke 66 tahun 2017, berbagai kegiatan dilaksanakan.

Salah satunya adalah perang laluhan. Acara laluhan dilaksanakan di Daerah Aliran Sungai (DAS) Kapuas, tepatnya di depan Dermaga Danau Mare Kota Kualakapuas, Selasa (21/3/2017) siang.

Dua buah kapal ditumpanggi puluhan pejabat, salah satunya adalah Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran serta pejabat Kabupaten Kapuas Kapuas menuju ke panggung di Dermaga Danau mare, di mana Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat dan rombongan menunggu.

Berjarak sekitar 30 meter kapal melintas, terjadi saling lempar antara penumpang kapal dan panggung di Danau Mare. Atraksi saling lempar batang suli, sejenis batang tumbuhan yang tidak berbahaya.

Gubernur dan bupati saling lempar batang suli. Acara lalulah disaksikan ratusan warga Kapuas yang sudah lama menunggu di Dermaga Danau mare. Seperti diketahui, acara laluhan adalah perang batang suli yang merupakan ritual laluhan suku Dayak Ngaju Kualakapuas.(Tribun Kalteng/Jumadi)

Penulis: Jumadi
Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help