NEWSVIDEO

Penertiban PKL di Pasar Kandangan, Ditemukan PKL Berjualan Melanggar Aturan

Penertiban dilakukan sesuai dengan peraturan daerah (Perda) Hulu Sungai Selatan (HSS) No 1 tahun 2016 tentang Ketertiban umum.

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Pedagang Kaki Lima (PKL) Pasar Kandangan yang membandel dan nekad berjualan ditempat yang dilarang terpaksa ditertibkan, Selasa, (21/3/2017).

Penertiban dilakukan sesuai dengan peraturan daerah (Perda) Hulu Sungai Selatan (HSS) No 1 tahun 2016 tentang Ketertiban umum.

Para PKL bisa berjualan di kawasan Jalan Pasar Kandangan mulai pukul 00.00 Wita hingga pukul 08.00 Wita.

Setelah itu, lokasi jalan utama pasar Kandangan harus bersih dari PKL. Namun, sejauh ini para PKL masih banyak yang membandel dan berjualan lebih dari waktu yang ditentukan.

Penertiban PKL di pasar Kandangan akan dilakukan selama lima hari sejak, Selasa, (21/3/2017) hingga Sabtu, (25/3/2017).

Pada hari pertama penertiban, banyak ditemukan para PKL yang berjualan melebihi batas ketentuan waktu yang sudah diberikan.

Sehingga, lapak para pedagang pun diamankan oleh anggota Satpol PP HSS. Termasuk terpal-terpal yang terpasang sembarang juga diamankan.

Para PKL yang lapaknya diamankan hanya bisa pasrah. Namun sejumlah pedagang yang sempat merapikan dagangan masih bisa ditoleransi hingga pukul 08.30. Namun bila lebih dari itu maka akan langsung ditertibkan.

Kepala Satpol PP HSS Roni Rusnadi mengatakan penertiban PKL dilakukan untuk menciptakan kondisi pasar yang bersih dan tertib.

"Kegiatan ini juga untuk mendukung persiapan penilaian Adipura," katanya.

Hasil dari penertiban yang dilakukan, ada sekitar 50 lapak dan terpal pedagang yang terpaksa di amankan.

"Para pedagang akan diminta surat pernyataan agar tidak lagi mengulangi aktivitas berjualan di waktu yang sudah ditentukan. Bila sampai tiga kali ditertibkan, maka lapak dan barang jualannya akan disita dan tidak dikembalikan," tegasnya.

Penertiban PKL di Pasar Kandangan melibatkan 30 anggota Satpol PP HSS, 12 angggota TNI, 17 Orang dari dinas perdangan HSS dan 6 orang dari Dishub HSS.(Banjarmasin Post/Aprianto)

Penulis: Aprianto
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved