Berita Tanahlaut

Peringatan Orangtua! Anak Jangan Sampai Buka Celana di Hadapan Teman, Kalau Tidak Begini Jadinya

Indra mengingatkan orangtua agar berpesan atau mengajari anak tidak membuka celana dalam di hadapan teman sepermainannya.

Peringatan Orangtua! Anak Jangan Sampai Buka Celana di Hadapan Teman, Kalau Tidak Begini Jadinya
kompas.com
ilustrasi 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI- Jaksa penuntut umum pada Kejaksaan Negeri Tanahlaut, memperingatkan kepada para orangtua agar melakukan pengawasan terhadap anaknya selama bermain bersama teman-temannya.

Itu dikatakan Indra Surya Kurniawan seusai membacakan naskah dakwaan pada kasus sodomi di Peradilan Anak pada Pengadilan Negeri Pelaihari, Rabu (22/3/2017).

Tak hanya itu, Indra mengingatkan orangtua agar berpesan atau mengajari anak supaya tidak  membuka celana dalam di hadapan teman sepermainannya. 

Sebab, inilah yang diduga menjadi pemicu terjadinya kasus sodomi anak terhadap anak yang perkaranya sedang berproses di Pengadilan Negeri Pelaihari.

Indra membenarkan membacakan surat dakwaan terhadap anak yang berhadapan dengan hukum di hadapan majelis hakim sekaligus mendengarkan keterangan para saksi.

"Dakwaan melanggar pasal 82 (1) jo pasal 76 E Undang-Undang RI nomor 35 Tahun 2014 tentang peralihan Undang-Undang RI Nomor 23 Tahun 2002 tentang perlindungan anak," katanya. 

Humas Pengadilan Negeri Pelaihari, Poltak membenarkan bahwa peradilan khusus anak dilaksanakan karena pelaku dan korbannya adalah anak dibawah usia 13 tahun.

"Pelaksanaan sidang anak secara tertutup untuk umum. Pelaku juga tidak dikenakan kurungan badan, melainkan diberikan tindakan," kata Poltak.

Menurut Poltak, hakim yang memproses perkara sodomi itu hakim tunggal, Leo Mampe Hasugian didampingi panitera pengganti, Kartini.

Majelis hakim, juga sudah menunjuk penasihat hukum, Hj Sunarti dari Pos Bankum Pengadilan Negeri Pelaihari, untuk mendampingi terdakwa selama proses peradilan anak berlangsung. (*)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help