Home »

Techno

» News

Li-Fi, Layanan Koneksi Terbaru yang 100 Kali Lebih Cepat Daripada Wi-Fi

Pernah merasa frustasi karena Wi-Fi kantor atau rumah lambat? Jangan khawatir, seorang mahasiwa telah menciptakan sistem inframerah Li-Fi

Li-Fi, Layanan Koneksi Terbaru yang 100 Kali Lebih Cepat Daripada Wi-Fi
Ilustrasi 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Pernah merasa frustasi karena Wi-Fi kantor atau rumah lambat? Jangan khawatir, seorang mahasiwa telah menciptakan sistem inframerah Li-Fi yang kecepatannya 100 kali daripada Wi-Fi sekarang.

Joanne Oh, mahasiswa PhD dari Eindhoven University of Technology di Belanda telah menciptakan sistem baru berdasarkan cahaya inframerah bernama Li-Fi.

Inframerah Li-Fi bukanlah ide baru. Tapi sistem buatan Oh ini menggunakan antenna pasif untuk mengirim data, tanpa bagian yang bergerak.

“Konsep ini tidak hanya melampaui kecepatan Wi-Fi saat ini, tapi membuat kebutuhan daya jauh lebih rendah,” ucap Rob Lefebvre seperti dilansir sciencealert.com.

Menurut pengumuman yang dibuat oleh Eindhoven University of Technology, tes awal telah mencapai kecepatan download 42,8 Gbps lebih dari jarak 2,5 meter.

Untuk membandingkan, saat ini kecepatan rata-rata orang di Belanda sekitar 17,6 mbps (2.000 kali lebih lambat).

Sementara sistem terbaik Wi-Fi maksimal sampai 300mbps (sekitar 100 kali lebih lambat).

Saat ini, tim penelitian sedang menuliskan laporannya dalam jurnal review. Sehingga tidak mungkin akan diluncurkan dalam waktu dekat.

Akan tetapi tim peneliti tetap optimis ini bisa menjadi inovasi baru dalam layanan internet kita dalam waktu dekat.

Editor: Edinayanti
Sumber: Intisari Online
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help