Metro Banjar Edisi Cetak

Rahasia Ketentraman Jiwa Menurut HM Taslim

Banyak problema dan tantangan yang harus dihadapi dan diselesaikan. Jika problema dan tantangan itu tidak bisa diselesaikan

Rahasia Ketentraman Jiwa Menurut HM Taslim
dokumen
Metro Banjar edisi Jumat (24/3/2017) 

BANJARMASINPOST.CO.ID - KITA sekarang tinggal di tengah-tengah masyarakat maju (modern). Para ahli sosiolog dan psikolog mengatakan semakin modern kehidupan suatu masyarakat, maka akan semakin kompleklah kehidupan masyarakat itu.

Banyak problema dan tantangan yang harus dihadapi dan diselesaikan. Jika problema dan tantangan itu tidak bisa diselesaikan, maka akan timbul dampak negatif, antara lain dapat terjadinya gangguan-gangguan kejiwaan dengan segala manifestasinya.

Banyak bukti yang menunjukkan bahwa manusia modern yang hidup di abad kemajuan teknologi ini menderita ketegangan syaraf, ketegangan emosional, ketegangan mental, ketegangan pikiran, dan ketegangan lainnya.

Salah satu bukti bahwa para psikolog dan psikater terutama di kota-kota besar, terlalu sibuk melayani para pasien mereka. Bahkan menurut sinyalemen, jumlah psikiater dan neurolog di kota-kota besar di Indonesia jauh lebih kecil dibandingkan dengan jumlah konsumen yang membutuhkannya yang dalam hal ini penderita gangguan kejiwaan.

Semakin banyak jumlah pil-pil dan obat-obat penenang yang terjual, merupakan bukti nyata bahwa manusia modern yang hidup di abad sekarang ini jauh dari ketenangan. Tidak sedikit manusia modern terpaksa harus menelan pil-pil tidur, baru dapat tertidur. Penyakit insomnia tidak sedikit yang menyiksa manusia-manusia modern ini.

Ketegangan pikiran dan emosional akan lebih buruk keadaannya jika penderita (seorang muslim) tidak mengenal esensi ajaran Islam secara kaffah yang dipeluknya. Sebab Islam secara imperik dapat menolong dan membebaskannya dari gangguan jiwa dan siksaan batin. (HM Taslim, Ketua DDII Kota Banjarbaru)

Selengkapnya baca harian Metro Banjar, Jumat (24/3/2017), atau klik http://epaper.banjarmasinpost.co.id/metro

Metro Banjar edisi Jumat (24/3/2017)
Metro Banjar edisi Jumat (24/3/2017) (dokumen)
Editor: Didik Trio
Sumber: Metro Banjar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved