Seputar Banjarmasin

Tergerus Perumahan, Banjarmasin Upayakan Penambahan Lahan Pertanian

Saat ini lahan pertanian memang kebanyakan adalah lahan sewa yang dikelola oleh petani penggarap

Tergerus Perumahan, Banjarmasin Upayakan Penambahan Lahan Pertanian
Isti Rohayanti
Lahan pertanian di kawasan Banjarmasin Timur. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Asma, Ketua Kelompok Tani Banjarmasin Selatan mengatakan kalau lahan sawah yang ada di Kota Banjarmasin terancam alih fungsi menjadi perumahan atau bangunan pabrik dan sejenisnya.

Namun Rudiani, Kepala Bidang Pertanian, Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan kota Banjarmasin menjelaskan tentang kondisi tersebut.

Menurutnya saat ini lahan pertanian memang kebanyakan adalah lahan sewa yang dikelola oleh petani penggarap, namun dinasnya sedang berupaya memperluas lahan sawah yang tidak bisa dialih fungsikan kecuali untuk pertanian semata.

"Dari 1.853,00 ha lahan petani yang berada di kota Banjarmasin, hanya ada lima ha di Banjarmasin Timur, itupun realisasi lahan masih seluas 1,8 ha, " jelas Rudi

"Pada wilayah Banjarmasin Selatan seluas 273 ha menjadi lahan abadi atau lahan yang tidak bisa dialih fungsikan selain untuk sawah," sambungnya.

Adapun rincian Luas lahan tersebut diantaranya Banjarmasin Timur seluas 291 ha, Banjarmasin Selatan seluas 1.245,0 ha, dan pada Banjarmasin Barat mencapai 34,00 ha, sedangkan Banjarmasin Utara seluas 250,0 ha.

Rudi juga menjelaskan kalau ada lahan tertidur yang ditanami kembali seluas 15 ha. Jadi luas lahan pertanian diseluruh kota Banjarmasin mencapai angka 1.853,00 ha. (Isti Rohayanti)

Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved