NEWSVIDEO

Pesta laut Pulau Sebuku Kotabaru Ramai Dikunjungi Warga

Warga dari delapan desa di Kecamatan Pulau Sebuku Kotabaru, Kalimantan Selatan (Kalsel) memadati pesisir Pantai Pulau Manti, Kecamatan Pulau Sebuku,

BANJARMASINPOST.CO.ID,KOTABARU - Warga dari delapan desa di Kecamatan Pulau Sebuku Kotabaru, Kalimantan Selatan (Kalsel) memadati pesisir Pantai Pulau Manti, Kecamatan Pulau Sebuku, Minggu (26/3/2017).

Masyarakat yang membludak memadati pulau seluas hanya beberapa hektare. Itu karena tidak ingin melewatkan momen tahunan yaitu kegiatan Pesta Laut Pulau Sebuku oleh warga Suku Bajau, Desa Rampa, Kecamatan Pulau Sebuku.

Selain kegiatan ritual memberi 'makan laut' dilakukan di Gosong Bangau. Tapi kegiatan hiburan yang dipusatkan di Pulau Manti tak kalah menarik perhatian masyarakat. Mereka tak hanya dari Suku Bajau, namun juga ada suku etnis lainnya. Di antaranya Bugis dan Banjar.

Banyak yang bisa dinikmati di acara pesta laut yang baru kali pertama ini diselenggarakan dengan meriah. Selain acara musik organ tunggal, doorprize, dan lomba masakan khas ditampilkan masing-masing desa.

Masyarakat merasa sangat fresh ketika berada di sana. Selain menikmati pemadangan laut yang mengelilingi pulau. Tapi mereka juga bisa menyaksikan adu cepat kapal balapan yang dilakukan warga sekadar untuk meramaikan suasana.

Mereka yang menyaksikan adu kepiawaian lomba balap perahu bermesin, pun dibuat tidak beranjak dari tempatnya.

Bupati Kotabaru H Sayed Jafar yang hadir di acara itu, tak hanya membuka secara resmi. Namun sangat mengapresiasi kegiatan yang berlangsung lancar karena kekompakan masyarakat, kepala desa dan camat.

Oleh karena itu Bupati Kotabaru mengharapkan kedepan acara tersebut kembali bisa dilakukan. Selain meminta keamanan lebih ditingkatkan.

Penulis: Herliansyah
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved