NEWS VIDEO

Seru Bisa Lihat Kerbau Berenang, Wisata Kerbau Rawa Kecamatan Paminggir HSU ini Masih Diminati

Wisata Kerbau Rawa di Kabupaten Hulu Sungai Utara masih mendapat perhatian bagi warga dari luar HSU. Hewan endemik yang tinggal di daerah rawa ini bis

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Wisata Kerbau Rawa di Kabupaten Hulu Sungai Utara masih mendapat perhatian bagi warga dari luar HSU.

Hewan endemik yang tinggal di daerah rawa ini mampu berenang. Meskipun mulai jarang yang mengunjungi wisata ini namun namanya masih tersohor hingga membuat orang penasaran ingin melihat.

Kerbau rawa hanya terdapat di Kecamatan Paminggir yang hampir seluruh bagian kecamatannya terdiri dari daerah rawa. Tak heran jika ribuan kerbau rawa dipelihara dan dibudi dayakan disini.

Kecamatan Palinggir terdiri dari enam desa, diseluruh desanya terdapat kerbau rawa yang diternakkan, termasuk desa Bararawa. Untuk menuju Desa Bararawa dari pusat kota amuntai, pengunjung harus menempuh perjalanan jalur darat sekitar 40 menit menuju Kecamatan Danau Panggang.

Meskipun cukup jauh, namun infrastruktur jalan sudah mulus sehingga bisa lebih cepat jika menggunakan kendaraan roda dua. Di Kecamatan Danau Panggang akan menemui pelabuhan yang tak jauh dari pasar Danau Panggang, kendaraan bisa diparkirkan di sekitar dermaga, untuk yang menggunakan mobil juga ada parkir khusus untuk mobil.

Sesampainya di Kecamatan Danau panggang, perjalanan dilanjutkan menggunakan perahu motor atau speed boat karena tak ada akses darat menuju Desa Bararawa. Jika pengunjung ingin menggunakan perahu motor biaya sewanya adalah Rp 400 ribu sudah sekaligus pulang pergi. Namun jika ingin lebih cepat dapat menggunakan speed boat dengan biaya Rp 1,2 juta pulang pergi.

Meskipun cukup jauh dan biayanya cukup mahal namun masih ada yang ingin melihat ternak kerbau rawa. ‎Seperti Averus atau biasa disapa Verus warga Jakarta yang saat ini tinggal di Kabupaten Tabalong.

Dirinya bersama 13 rekannya ingin melihat wisata kerbau rawa karena merasa penasaran, saat melakukan pencarian diinternet sangat bagus sekali awannya yang cerah serta keunikan kerbau yang dapat berenang.

"Berangkat dari Tanjung sejak subuh, karena mengejar ingin melihat kerbau rawa yang dilepaskan dari kandangnya," ujarnya.

Verus juga membawa tiga orang warga asing dari Australia yang juga penasaran ingin melihat kerbau rawa HSU. Selama perjalanan menuju Kecamatan Danau Panggang, dirinya menemui tiga pasar rakyat yang berada di bahu jalan, meskipun sedikit memperlambat perjalanan namun dirinya juga terhibur dengan melihat aktifitas masyarakat lokal HSU.

Halaman
12
Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved