Berita Tanahlaut

Kebakaran Desa Kurau Utara, 31 Jiwa Kehilangan Tempat Tinggalnya

Sebanyak 31 jiwa dipastikan kehilangan tempat tinggal pasca musibah kebakaran permukiman di Desa Kurau Utara

Kebakaran Desa Kurau Utara, 31 Jiwa Kehilangan Tempat Tinggalnya
kompas.com
Ilustrasi kebakaran 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Sebanyak 31 jiwa dipastikan kehilangan tempat tinggal pasca musibah kebakaran permukiman di Desa Kurau Utara, Kecamatan Bumimakmur, Kabupaten Tanahlaut, Kamis (30/3/2017). 

Dalam peristiwa itu tak sedikit harta benda dan surat berharga milik warga yang terbakar karena panik, apa yang harus diselamatkan. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut.

Kesedihan warga korban kebakaran rumah berkurang. Itu karena warganya yang rumahnya luput dari kebakaran menolong dan memberikan semangat agar tetap tabah dan bersabar. 

Berkat ketabahan warganya, bantuan mengalir dari berbagai penjuru. Termasuk respons Pemerintah Kabupaten Tanahlaut yang cepat membantu pemadaman api dan bantuan makanan dan minuman cepat saji serta peralatan memasak.

Hanya sedikit korban kebakaran yang terpaksa harus menyewa rumah. Selebihnya korban ditampung kerabatnya untuk beberapa hari.  Pemerintah tak perlu mendirikan dapur umum. 

Aksi solidaritas menyikapi musibah kebakaran dilaksanakan, seperti menggalang dana di jalanan. Terkumpul dana dari sumbangan para pengendara yang melintas di Jalan Provinsi di Desa Kurau Utara. 

Di Kota Pelaihari, penggalangan dana dilaksanakan aktivis remaja dan pemuda di bundaran tugu Tanahlaut Membangun, kawasan lingkungan perkantoran pemerintahan Kabupaten Tanahlaut, Jumat (31/3/2017).

Masjid Shiratul Jannah, halaman serambi dijadikan posko sementara bantuan korban kebakaran. Muhammad Arliansyah mengaku tiga karung lebih bantuan pakaian layak pakai. 

"Bahkan ada perorangan yang membantu telur beberapa rak untuk para korban kebakaran," kata mantan Kepala Desa Kurau Utara yang akrab disapa Pambakal Anang ini. (*)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved