Hacker Remaja

Mengenal Sultan Haikal, 'Raja' Hacker Pernah Bobol Situs dari Aburizal Bakrie hingga Garuda

Menurut sumber Tribun, Haikal kerap memamerkan hasil retasannya di grup Facebook miliknya, Gantengers Crew, kepada kalangan hacker Indonesia

Mengenal Sultan Haikal, 'Raja' Hacker Pernah Bobol Situs dari Aburizal Bakrie hingga Garuda
BBC
Ilustrasi 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Haikal, seorang remaja lulusan SMP, pada Kamis (30/3/2017) ditangkap petugas dari satuan Subdit I Direktorat VI Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) Bareskrim Polri, Sekitar pukul 11.40 WIB.

Dia ditangkap di rumah orangtuanya, Perumahan Pesona Gintung Residence, Tangerang Selatan, Banten, Remaja 19 tahun ini merupakan dalang pembobol situs jual beli tiket online, tiket.com.

Dari hasil kejahatannya, Haikal diduga mendapatkan keuntungan hingga Rp 4,1 miliar.  Pihak tiket.com mengalami kerugian sebesar Rp 4.124.000.982 karena pelaku meretas, mengambil serta menjual jatah deposito tiket pesawat pada server Citilink Indonesia.

Pihak Citilink juga mengalami kerugian sebesar Rp1.973.784.434 karena ada sejumlah orang yang membeli tiket dari sindikat peretas tersebut melakukan pembatalan dan refund.

Dalam melakukan aksinya, Haikal dibantu oleh tiga anak buahnya yakni MKU (19 th), AI (20 th) dan NTM (27 th).

Ketiganya hanya lulusan sekolah menengah atas. Ketiganya telah ditangkap di Balikpapan, lebih dulu dibanding Haikal.

Menurut penjaga keamanan Perumahan Pesona Gintung Residence, Rusdi, dirinya tidak menyangka jika Haikal mampu melakukan kejahatan sebesar itu.

"Bocahnya mah klamar-klemer kalau diliatin. Saya tidak menyangka dia bisa begitu," ujar Rusdi.

Menurut Rusdi, selama ini Haikal jarang berinteraksi dengannya. Dirinya sering melihat Haikal pergi.

Sepengetahuan Rusdi, Haikal bekerja di daerah Taman Mini. Namun dirinya tidak mengetahui detil kerjaan yang dilakukan oleh Haikal.

Halaman
12
Editor: Royan Naimi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved