Berita Banjarmasin

Orangtua Harus Kenali Bakat Anak Sejak Dini, Ini Alasannya

Bila orangtua dapat mengenalinya lebih cepat, mereka dapat langsung mengarahkan dan membimbing agar minat dan bakat tersebut bisa berkembang.

Orangtua Harus Kenali Bakat Anak Sejak Dini, Ini Alasannya
Istimewa
Keluarga Yenny Frida Luntungan 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Setiap anak punya karakter dan tingkat intelegensi yang berbeda-beda. Namun orangtua akan terasa terbantu bila sejak dini mampu menggali dan mengenali potensi dan bakat pada diri anak-anaknya.

Begitu pula dengan sang anak yang bisa menggali bakat serta potensi yang dimilikinya dan mengisi hari-hari yang dilaluinya dengan suatu kegiatan yang berarti dan disukai olehnya tanpa merasa canggung, terkekang.

Bakat anak tentunya tidak terlepas dari peran orang tua dan juga keluarga. Peran orangtua dalam hubungannya mengenali potensi bakat anak dapat dilakukan dalam beberapa cara.

Bila orangtua dapat mengenalinya lebih cepat, mereka dapat langsung mengarahkan dan membimbing agar minat dan bakat tersebut bisa berkembang. Sebenarnya cara mengamatinya cukup mudah.

Yenny Frida Luntungan yang memiliki enam orang termasuk orangtua yang jeli dan sabar dalam memperhatikan perkembangan serta pertumbuhan anaknya.

Lewat sentuhan tangannya dia mampu mengembangkan bakat dan minat anaknya sehingga mampu berprestasi sesuai yang diinginkan sang anak.

Yenny mengaku pertama harus diketahui dulu soal bakat dan minat yang keduanya mempunyai perbedaan. Minat anak itu ketika anak menyukai akan sesuatu, tetapi belum tentu memiliki kemampuan. Sedangkan bakat anak kemampuan yang dimiliki sang anak dalam sesuatu hal sejak lahir.

Yenny pun memberikan contoh anak pertama hingga ketiganya anak lelakinya, R Hario Bagus Pratadeka Nusantara Suryowardojo disapa Rio (24), Hario Barry Prasatryo Aldwinang Nusantara Suryowardojo, (Ari/22 thn) dan R Muhammad Hario Banov Altrivaldo Nusantara Suryowardojo, (Banov/13).

Dia melihat ketiganya memiliki bakat yang mengalir ada pada dirinya yakni suka seni dan olahraga. "Saya kan suka main musik, menyanyi dan menari. Nah saya lihat bakat ini ada di diri ketiga anak lelaki saya ini," ujar dia.

Perlahan namun pasti, Yenny mengarahkan bakat ketiga anaknya ini sesuai minatnya. Rio diajarkan bermain musik, Ari suka olahraga terutama basket dan Banov juga suka musik.

Halaman
12
Penulis: Khairil Rahim
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help