Berita Balangan

Punya Incenerator, RSUD Balangan Kok Masih Gunakan Pihak Ketiga untuk Penanganan Limbah

Penanganan limbah bahan beracun dan berbahaya (B3) di RSUD Balangan saat ini diserahkan pada pihak ketiga.

Punya Incenerator, RSUD Balangan Kok Masih Gunakan Pihak Ketiga untuk Penanganan Limbah
Banjarmasinpost.co.id/Elhami
Incinerator RSUD Balangan 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Penanganan limbah bahan beracun dan berbahaya (B3) di RSUD Balangan saat ini diserahkan pada pihak ketiga. Ini karena incenerator yang baru saja dibeli belum mengantongi izin dari kementerian terkait.

Direktur RSUD Balangan, Ferry mengatakan penanganan limbah saat ini diserahkan ke pihak ketiga, pasalnya alat incinerator yang baru sudah didirikan pada Agustus 2016 dan saat ini proses izinnya masih berjalan di kementerian.

"Kami memperkirakan pada 2017 izin sudah keluar untuk bulannya kapan belum diketahui. Namun untuk saat ini, penanganan limbah medis kami serahkan ke pihak ketiga dengan PT Tenang Jaya Sejahtera," ungkapnya.

Jika izin sudah keluar, maka penanganan limbah melalui pihak ketiga akan dihentikan.

Saat ini, pihak ketiga rutin mengambil limbah RSUD Balangan untuk dimusnahkan. Jika tidak sempat terangkut, sampah limbah akan ditampung di TPA khusus dan boleh terdiam selama 90 hari saja.

"Tapi biasanya setiap hari diangkut oleh pihak ketiga. Dalam sehari rata-rata limbah yang dihasilkan adalah 50 kilogram," ujarnya.

Menurutnya, sebenarnya sejak pertama kali berdirinya RSUD yakni 2009 sudah ada alat incinerator. Namun spesifikasinya tidak mendukung suhu panasnya hanya 800 derajat, seharusnya 1.000 derajat lebih.

"Ke depan akan terus kami benahi terkait penanganan limbah ini. Alat dan penampungan yang baru sudah ada, tinggal menunggu izinnya saja lagi," pungkas dokter yang pernah bertugas di Puskesmas Awayan ini

Penulis: Elhami
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved