Manfaat Tersembunyi Bermain Tetris, Mengurangi Traumatis Hingga Mengidam Berlebihan

Permainan atau games tetris ternyata banyak manfaatnya lho. Menurut para ilmuwan, kesederhanaan dari permainan Tetris membuatnya menjadi alat

Manfaat Tersembunyi Bermain Tetris, Mengurangi Traumatis Hingga Mengidam Berlebihan
kompas.com
Menurut para ilmuwan, kesederhanaan dari game tetris yang membuatnya menjadi alat yang bagus untuk terapi. 

BANJARMASINPOST.CO.ID – Permainan atau games tetris ternyata banyak manfaatnya lho. Menurut para ilmuwan, kesederhanaan dari permainan Tetris membuatnya menjadi alat yang bagus untuk terapi.

Adalah profesor Emily Holmes, ahli psikologi dari University of Karolinska, Swedia, yang telah menghabiskan waktu berahun-tahun untuk meneliti manfaat medis dari permainan Tetris.

“Kami menginginkan tugas yang benar-benar menyerap ke memori visual manusia. Dengan tetris, warna, bentuk, dan pergerakannyalah yang membuat permainan ini memikat ke memori visual.”

“Permainan lain di laboratorium, seperti permainan kuis dan permainan menghitung, tidak efektif, Oleh karena itu kami membutuhkan permainan yang berbentuk visual.” ujarnya, seperti yang dilansir dari bbc.com.

Inilah manfaat-manfaat permainan Tetris untuk terapi:

Post-Traumatic Stress Disorder (PTSD)

PTSD adalah suatu kondisi kesehatan mental yang dipicu oleh peristiwa mengerikan. Biasanya gejala ini dialami oleh prajurit sepulang dari perang, atau korban kecelakaan.

Gejala yang mungkin muncul termasuk kilas balik, mimpi buruk dan kecemasan yang parah, serta pikiran tak terkendali tentang kejadian tersebut.

Profesor Holmes telah menerbitkan sebuah jurnal bahwa terapi tetris mungkin mengurangi dampak psikologi dari peristiwa traumatis.

Bersama timnya, profesor Holmes memberikan terapi tetris kepada pasien-pasien yang baru saja mengalami kecelakaan lalu lintas.

Halaman
123
Editor: Edinayanti
Sumber: Intisari Online
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help