Ekonomi dan Bisnis

Maret, Indeks Kepercayaan Konsumen Terbaik Dalam 3 Bulan Terakhir

Masyarakat lebih merasa optimis sepanjang bulan Maret lalu. Indeks Kepercayaan Konsumen (IKK) pada bulan Maret naik 2,8% menjadi 98,3, menjadi level t

Maret, Indeks Kepercayaan Konsumen Terbaik Dalam 3 Bulan Terakhir
banjarmasinpost.co.id/restudia
(Ilustrasi) Pasar Antasari Banjarmasin, Kalsel 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Masyarakat lebih merasa optimis sepanjang bulan Maret lalu. Indeks Kepercayaan Konsumen (IKK) pada bulan Maret naik 2,8% menjadi 98,3, menjadi level tertinggi dalam tiga bulan terakhir.

Menurut survei yang dilakukan Danareksa Research Institute, kenaikan kepercayaan konsumen ini didorong menguatnya sentimen konsumen terhadap kondisi ekonomi dan lapangan kerja saat ini, begitu pula dengan prospeknya.

"Selain itu, kekhawatiran konsumen terhadap tingginya harga bahan pangan dan kelangkaan kerja mulai berkurang," tulis rilis DRI pada KONTAN, kemarin (3/4).

Kedua komponen pembentuk IKK menguat. Indeks Situasi Sekarang (ISS) naik 5,1% menjadi 78,9 karena konsumen memberi penilaian lebih baik terhadap keadaan ekonomi dan lapangan kerja saat ini.

Komponen satunya lagi, Indeks Ekspektasi (IE) mengalami peningkatan sebesar 1,7% menjadi 112,8 pada bulan Maret, seiring dengan optimisme masyarakat pada perekonomian dalam enam bulan mendatang.

Pada survei Maret, konsumen yakin bahwa tekanan inflasi sedikit menurun dalam enam bulan ke depan. Indikatornya, indeks pengukurnya turun 0,8%. Meski begitu, menurut DRI, optimisme masyarakat tak sebesar pada periode Maret tahun lalu.

"Secara umum, konsumen berekspektasi ada penurunan harga bahan pangan karena jumlah pasokan yang akan meningkat seiring dengan musim panen raya yang biasanya berlangsung pada Maret dan April," tulis DRI.

Sementara itu, kepercayana konsumen terhadap kemampuan pemerintah melaksanakan tugas-tugasnya juga meningkat pada bulan Maret, setelah turun di bulan Februari. Komponen yang paling naik adalah yang menunjukkan kemampuan pemerintah dalam menjaga stabilitas harga. (*)

Editor: Ernawati
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved