Psikologi

Begini Cara Menghadapi Anak Bandel Menurut Ulama Banjarmasin Ini

Dalam mendidik, tentunya dituntut kesabaran, ketelatenan, keteladanan, keilmuan dan keikhlasan orangtua

Begini Cara Menghadapi Anak Bandel Menurut Ulama Banjarmasin Ini
salmah
KH Husin Naparin, Ketua MUI Kalsel 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Mendidik anak itu bagaikan sebuah ujian. Benar mendidik, anakpun menjadi nyaman hidupnya dan membahagiakan orangtua. Namun jika salah didik, maka anak jauh dari harapan.

Dalam mendidik, tentunya dituntut kesabaran, ketelatenan, keteladanan, keilmuan dan keikhlasan orangtua. Selain ikhtiar tersebut, terpenting pula adalah orangtua mesti rajin mendoakan anaknya.

Sebagaimana disampaikan KH Husin Naparin, Ketua MUI Kalsel, kita harus selalu memohon kepada Allah SWT atas segala hajat, termasuk untuk kebaikan putra-putri kita.

"Doakan anak. Tentang ini, ada sebuah kisah yang dikutip dari tulisan di Twitter oleh dr Fauziah, psikolog dari Kuwait mengenai doa ibu kepada anak. Artikel itu dibaca banyak orang. Ia mengisahkan ada seorang ibu berkonsultasi bahwa anaknya bandel luar biasa dan minta solusi menyadarkannya. Kemudian disarankan untuk rajin mendoakan anak," jelasnya.

Kemudian, amalkan setiap hari, usai shalat witir. Doanya sederhana; aku ridho dengan anakku. Semoga Allah SWT juga meridhoi anakku. Setelah dua minggu sang ibu rajin berdoa, ternyata sifat dan sikap anaknya berubah total.

"Mau shalat. Pernah suatu hari ibunya menelepon si anak untuk mengetahui keberadaannya, kemudian anaknya menjawab bahwa ia sedang di masjid. Ibunya takjub dan bertanya hal ihwal apa yang meringankan langkahnya ke masjid. Apa jawaban si anak? Aku tidak tahu, saat mendengar adzan dan akupun ingin shalat. Nah, kisah ini menjadi bukti efektifitas doa. Alhamdulillah," paparnya.

Lanjut ulama alumnus Universitas Al Azhar Mesir tahun 1976 ini, sebagaimana disabdakan Rasulullah SAW dalam hadits, ridho Allah SWT kepada seorang anak, tergantung ridho orangtuanya. Demikian pula murka Allah SWT, tergantung murka orangtuanya. Sebab itu dalam mendidik anak harus dilandasi keridhoan. Orangtua terutama ibu jangan bicara yang tidak baik terhadap anak.

Jadi, kika anak bandel, jangan mengumpat, membentak, tetapi sabarlah dan doakanlah ia dengan doa yang baik. Segala permohonan kita yang baik, insya Allah akan berbuah kebaikan kepada anak. Tentu ini harapan semua orangtua terhadap anak-anaknya. (dea)

Penulis: Salmah
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved