Pemerintah Distribusikan Puluhan Konverter Kit Agar Masyarakat Beralih dari BBM ke Gas

Untuk menarik minat masyarakat beralih menggunakan BBG jenis CNG (compressed naturall gas), pemerintah telah mendistribusikan 82 unit konverter kit.

Pemerintah Distribusikan Puluhan Konverter Kit Agar Masyarakat Beralih dari BBM ke Gas
KOMPAS.com/IWAN SUPRIYATNA
Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian ESDM, IGN Wiratmaja Puja saat menjajal mengisi BBG di SPBG Subang.(KOMPAS.com/IWAN SUPRIYATNA) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, SUBANG - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menegaskan komitmennya untuk mendorong program konversi Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Bahan Bakar Gas (BBG). Ini dlakukan karena harga BBG yang lebih murah dan ramah lingkungan.

Untuk menarik minat masyarakat agar beralih menggunakan BBG jenis CNG (compressed natural gas), pemerintah telah mendistribusikan 82 unit konverter kit untuk mobil-mobil dinas Pemerintah Kabupaten Subang.

"Dipilihnya mobil pemerintah Kabupaten Subang ini tujuannya adalah sebagai contoh bagi masyarakat yang ada di Subang untuk beralih menggunakan BBG jenis CNG yang memiliki keunggulan lebih murah, lebih bersih, dan ramah lingkungan," kata Dirjen Migas, IGN Wiratmaja Puja saat meresmikan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG) 31.A.412.02 Subang, Jumat (7/4/2017).

Pria yang akrab disapa Wirat ini berharap, dengan adanya infrastruktur gas yang dibangun oleh pemerintah, diharapkan akan memberikan manfaat energi berkeadilan bagi masyarakat.

"Pemerintah sudah memfasilitasi SPBG sehingga sudah mudah untuk mengisi Envogas-nya," kata Wirat.

Wirat menambahkan, biaya untuk pengadaan Konverter kit mencapai Rp 30 juta per unitnya yang akan dialokasikan dari dana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

"Rencana di sepanjang 2017 akan mendistribusikan sekitar 100 unit konverter kit, satu konverter kit itu harganya Rp 30 juta kisarannya," ungkap Wirat. (KOMPAS.com)

Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved