NEWSVIDEO

Cobek dari Batang Kelapa dan Cempedak Dipasarkan Hingga ke Kaltim

SEBAGIAN orang mengira pembuatan cobek kayu dan ulek-ulek hanya dibuat perajin dari Jawa.

BANJARMASINPOST.CO.ID, KUALAKAPUAS - SEBAGIAN orang mengira pembuatan cobek kayu dan ulek-ulek hanya dibuat perajin dari Jawa. Namun ternyata cobek-cobek yang selama ini dipakai di Banjarmasin, Banjarbaru (Kalsel) sampai ke Kaltim adalah buatan warga Ray 9 Handil Sampurna RT3, Desa Basungkai, Kecamatan Basarang Kabupaten Kapuas Kalteng.

Perajin cobek di desa tersebut memulai usahanya sekitar 10 tahun yang lalu sampai sekarang.

Dari jumlah perajin yang sedikit sampai menyebar menjadi belasan. Para perajin membuat cobek menggunakan mesin, sehingga dalam waktu sekitar 5 menit, mereka mampu menghasilkan satu cobek yang sudah siap pakai.

Kadir, salah satu perajin cobek tradisional yang ditemui di rumahnya, Jumat (7/4/2017) mengatakan, di desanya ada 11 orang perajin pembuat cobek dan ulek-ulek. Namun satu orang di antaranya menggunakan manual, yakni dengan pahat.

Bahan yang digunakan, katanya berasal dari batang pohon kelapa yang sudah tua dan batang pohon cempedak yang sudah tua. Satu batang kelapa dibelinya dengan harga Rp150 ribu.

"Untuk bahan baku melimpah dan tak sulit didapat,"terang Kadir.

Untuk satu batang kelapa setelah dipotong-potong bisa mendapatkan 150 buah cobek.

Ditambahkannya, prosesing atau proses pembuatannya dari awal batang pohon kelapa atau cempedak dipotong-potong sesuai dengan ukurannya.

Setelah itu potongan yang berbentuk seperti ban kecil dijemur maksimal 5 jam. Selanjutnya dimasukkan ke dalam mesin untuk proses pembuatan cobek. Setelah jadi kemudian cobek dilakukan proses finishing, seperti diamplas sampai permukaan cobek benar-benar halus, dan selanjutnya siap untuk dijual.

Untuk ukuran yang dibuat dari diameter 18 cm (paling kecil) hingga berukuran diameter 32 cm, sehingga harga yang dijual bervariasi. Dari Rp7.500 sampai Rp30 ribu. Harga tersebut merupakan harga di tingkat pengrajin dan belum termasuk harga ulek-ulek.

Halaman
12
Penulis: Jumadi
Editor: Edinayanti
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved