Banjarmasin Post Edisi Cetak

Eropa Berduka, Swedia Pasang Bendera Setengah Tiang

Swedia mengibarkan bendera setengah tiang pada Sabtu (8/4/2017), pascaserangan menggunakan truk di Stockholm, Jumat sore.

Eropa Berduka, Swedia Pasang Bendera Setengah Tiang
banjarmasinpost.co.id
Halaman 1 Banjarmasin Post Edisi Minggu (9/4/2017) 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Swedia mengibarkan bendera setengah tiang pada Sabtu (8/4/2017), pascaserangan menggunakan truk di Stockholm, Jumat sore. Bendera setengah tiang terlihat di gedung-gedung pemerintah, termasuk gedung parlemen dan istana raja.

Aparat keamanan telah membatasi arus lalu lintas di jembatan Oresund antara Swedia dan Denmark. “Arus lalu lintas dibatasi atas permintaan kepolisian Swedia,” kata dinas informasi jembatan di Denmark seperti dilansir kantor berita Reuters.

Polisi Swedia juga menghentikan operasional kereta api di Stockholm. Perusahaan kereta api nasional Swedia, SJ, mengatakan semua kereta menuju dan dari stasiun pusat Stockholm dihentikan sehari penuh sebagai dampak serangan truk tersebut.

“Tidak akan ada kereta yang beroperasi, baik yang menuju ataupun berangkat dari pusat kota Stockholm sepanjang hari ini,” demikian bunyi pengumuman yang dikeluarkan SJ.

Para pemimpin Eropa seperi Kanselir Jerman Angela Merkel dan Presiden Finlandia Saul Niinisto langsung menyampaikan rasa bela sungkawa mereka. Raja Swedia Carl XVI Gustaf menyampaikan rasa duka keluarga kerajaan untuk para korban tewas dan terluka.

Uni Eropa dan berbagai negara di Benua itu, Jumat (7/4) waktu setempat, menawarkan bantuan dan dukungan kepada pemerintah Swedia menyusul aksi teror truk di Stockholm. “Serangan terhadap satu negara anggota adalah serangan terhadap kita semua,” kata Presiden Komisi Eropa Jean-Claude Juncker.

“Salah satu kota paling hidup dan berwarna di Eropa diserang oleh orang-orang yang menginginkan kota itu hancur,” tambah Juncker.

Juncker menambahkan, Uni Eropa menyatakan solidaritasnya kepada rakyat dan pemerintah Swedia. Dia menambahkan Uni Eropa siap membantu negeri itu mengatasi masalah ini.

“Hati saya berada di Stockholm siang ini. Doa kami untuk para korban dan keluarga mereka,” kata Presiden Dewan Eropa, Donald Tusk.

Sementara itu, juru bicara pemerintah Jerman Steffen Seibert juga menyampaikan dukungan negaranya untuk Swedia. “Doa kami selalu bersama rakyat Stockholm, terutama para korban, keluarga mereka, tim penyelamat, dan para polisi. Kita berdiri bersama menghadapi teror,” ujar Seibert lewat akun Twitter-nya.

Halaman
12
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved