NEWS VIDEO

Kuota Mahasiswa Baru Universitas Lambung Mangkurat Ditambah! Ini Penjelasannya

Dalam keterangan pers, Ketua Panitia SBMPTN, Alim Bachri, Rabu (12/4/2017) menjelaskan pelaksanaan ujian Seleksi berdasarkan hasil ujian tertulis Pape

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) 2017 resmi dibuka mulai 11 April-5 Mei.

Dalam keterangan pers, Ketua Panitia SBMPTN, Alim Bachri, Rabu (12/4/2017) menjelaskan pelaksanaan ujian Seleksi berdasarkan hasil ujian tertulis Paper Bases Test (PBT) atau Computer Base Test (CBT) ditambah ujian keterampilan calon mahasiswa.

Ujian tertulis dilaksanakan 16 Mei 2017, ujian CBT pada 17 – 18 April dan uji keterampilan 18 Mei 2017.

Khusus ujian CBT, Universitas Lambung Mangkurat tahun ini menambah kuota dari 40 orang menjadi 280 orang yang bisa ikut tes dengan komputer di lima lokasi yakni di Laboratorium PGSD, Fakultas Kodekteran, Rektorat, Fakultas Ekonomi dan Fakultas Ilmu Komputer (FKIP) yang semuanya berada di Kota Banjarmasin.

Khusus pendaftaran SBMPTN dengan ujian CBT ini, dilakukan bertahap yakni 14 orang pertama sampai 26 April 2017, baru selajutnya dibuka untuk 220 peserta lainnya.

Peningkatan jumlah peserta ujian CBT ini ujar Alim Bachri, merupakan berkat kesuksesan penyelanggaraan tahun sebelumnya sehingga mendapat kepercayaan pemerintah pusat menambah perangkat komputer .

Menurutnya, penerapan ujian CBT ini tidak gampang, harus memenuhi persyaratan memiliki minimal jumlah komputer kelipatan 20 unit, terkoneksi, UPS setiap unit dan generator set (genset) mengantisipasi pemadaman listrik mendadak, juga harus ditunjang tenaga teknisi dan penyediaan unit cadangan.

Menurut Alim Bachri tahun ini jumlah kuota mahasiswa baru 2017, Universitas Lambung Mangkurat menyiapkan 5.800 yang akan diambil dari tiga jalur seleksi. Mulai dari seleksi SNMPTN, SBMPTN dan jalur Mandiri.

"Ada peningkatan dari tahun sebelumnya yang mana hanya menampung 4.800. Naik 1.000, karena rasio dosen per program studi dan jumlah mahasiswa dan Universitas Lambung Mangkurat siap menampung sebanyak siswa itu, termasuk juga dari segi sarana prasarana juga mendukung," kata Alim Bachri. (banjarmasinpost.co.id/nurholis huda)

Penulis: Nurholis Huda
Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved