Berita Banjarbaru

19 UMKM Kalsel Terima Bantuan Dana Usaha Bandara Syamsudin Noor

Bandara Syamsudin Noor mengawali triwulan kedua 2017 melancarkan program unggulannya, penyaluran bantuan dana pinjaman untuk pengembangan UMKM

19 UMKM Kalsel Terima Bantuan Dana Usaha Bandara Syamsudin Noor
BANJARMASINPOST.CO.ID/ NIA KURNIAWAN
UMKM Kalsel terima bantuan dana modal usaha dari pengelola Bandara Syamsudin Noor 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Bandara Syamsudin Noor mengawali triwulan kedua tahun 2017 dengan melancarkan salah satu program unggulannya yakni penyaluran bantuan dana pinjaman untuk pengembangan UMKM di Kalimantan Selatan senilai lebih dari 400 juta rupiah.

Bertempat di ruang rapat Kayuh Baimbai, penyaluran ini diserahkan kepada 19 mitra binaan yang meliputi 12 sektor industri, 1 sektor jasa, dan 6 sektor perdagangan.

Pts. General Manager Ruly Artha menyatakan rasa suka citanya menyambut pemilik usaha yang senantiasa optimis berperan serta dalam memajukan UMKM mulai dari usaha Kue kering "Merpati", Abon ikan, Toko emas Darus, Kurnia Beton, Toko Permata Antara, dan lain sebagainya.

"Semoga bantuan ini bermanfaat bagi pelaku bisnis sekalian. Selain mengurangi pengangguran juga diharapkan mampu mendukung visi pemerintah untuk meningkatkan ekonomi,"ucap Ruly Artha.

Dijelaskannya, pinjaman kemitraan yang diberikan merupakan dana bergulir. Kelancaran pembayaran angsuran akan sangat mempengaruhi keberlanjutan program agar terus berjalan menyentuh bantuan untuk UMKM yang lainnya.

"Sejak 1992 hingga 2016 Bandara Syamsudin Noor telah menyalurkan pinjaman kemitraan untuk 1.164 mitra binaan di delapan wilayah penyaluran dengan total nilai pinjaman mencapai lebih dari 23,8 miliar rupiah,"paparnya.

Penyaluran tersebut terbagi untuk delapan sektor usaha diantaranya industri, perdagangan, pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan, jasa, dan lainnya.

Selain dukungan penuh untuk UMKM, Bandara Syamsudin Noor juga memiliki program bina lingkungan yang hingga tahun 2016 lalu mencapai Rp 4,72 miliar penyalurannya.

Realisasi program bina lingkungan diantaranya pembangunan posyandu Guntung Payung, operasi katarak, sunatan masal, beasiswa Sampoerna Foundation dan masih banyak lainnya.

Selain itu ada juga bantuan hibah senilai Rp 1,05 miliar meliputi bantuan korban bencana alam, bantuan pendidikan dan pelatihan, peningkatan keseehatan, hingga bantuan sarana ibadah.

Mewakili seluruh pengelola UMKM yang hadir, Sohan, Pemilik Toko Permata Antara yang kali ini mendapat bantuan pinjaman terbesar menyampaikan luapan kegembiraannya.

"Saya sangat berterima kasih kepada Bandara Syamsudin Noor karena ini yang ketiga kalinya saya mendapat bantuan pinjaman untuk usaha. Hari ini mencapai 75 juta. Kami makin optimis usaha akan tambah maju ke depannya,"sambut Sohan.

Senada dengan Sohan, pemilik usaha Bandeng Resto Sinar Laut membagikan pengalamannya selama menjadi mitra binaan Bandara Syamsudin Noor.

"Sebagai pengusaha ada tiga kunci utama yakni berdoa, disiplin, dan jujur. Pengalaman saya setiap hari menyisihkan pendapatan agar dapat membayar angsuran ringan Bandara Syamsudin Noor. Syukurlah sejauh ini selalu lancar." Katanya. (*)

Penulis: Nia Kurniawan
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help