Seleb Lokal

Begini Cara Musisi Banua Ini Memperkenalkan Permainan Tradisional

Anak-anak sekarang banyak yang tak tahu dengan permainan tradisional dari leluhur. Mereka sekarang lebih mengenal gadget.

Begini Cara Musisi Banua Ini Memperkenalkan Permainan Tradisional
istimewa via banjarmasinpost.co.id/syaiful anwar
Shouma Hunafa'a 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Anak-anak sekarang banyak yang tak tahu dengan permainan tradisional dari leluhur. Mereka sekarang lebih mengenal gadget.

Nah, Shouma Hunafa'a Hadzir berusaha memperkenalkan permain tradisional dengan lagu terbarunya berjudul Mainan Banua ciptaan Hendra Cipta.

Syair lagu tersebut berisi tentang ajakan melestarikan permainan tradisional baulai tali, balogo, badaku, bagasingan, batewah dan lain-lain.

"Selama ini saya melihat anak-anak asyik main handphone, badan bungkuk memicik dan kacamata minus sampai 300," papar Yuyun Yuniarti, ibunda Shouma, Minggu (16/4/2017).

Dia pun meminta Hendra Cipta membikin lagu tersebut agar anak-anak tahu tentang permainan tradisional yang hampir punah.

"Saya berharap bila single lagu ini sudah selesai bikin videonya dan diluncurkan di youtube maupun ditayangkan ditelevisi lokal, kekanakan Banjar tahu detail mainan anak Banua," jelasnya.

Yuyun menambahkan, permainan tradisional ini sebenarnya banyak manfaatkan. Melatih anak trampil, kreatif! mampu bekerja dan ada edukatif.

"Semoga lagu ini nantinya bisa diterima masyarakat sekaligus bisa mengajak anak menyukai permainan tradisional," pungkasnya.

Terpisah, Shouma mengaku sangat senang kembali bisa membawakan lagu seusianya.

"Ulun (saya) kada kesulitan membawakan lagu ini, karena dibimbing Abah (Hadzir) yang juga penyanyi," paparnya.
Siswi kelas 3 SDN Teluk Dalam 7 Banjarmasin ini, juga tak begitu lama menghapal lagu serta menghayatinya.

Penulis: Syaiful Anwar
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved