Jerawatan Saat Haid Memang Bikin Kesal, Ini Tips Mencegahnya

Penyebabnya adalah wajah yang berminyak akibat meningkatnya hormon di tubuh. Hal itu memicu pertumbuhan jerawat.

Jerawatan Saat Haid Memang Bikin Kesal, Ini Tips Mencegahnya
istimewa
Ilustrasi diperankan model; Audi Nur Yeni 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Sesuai siklus normal, tiap bulan sekali perempuan biasanya mengalami haid. Biasanya menjelang haid, ada beberapa gejala hormonal yang dialami.

Di antaranya, emosi yang meningkat, keringat berbau, gampang mengantuk, badan terasa cepat lelah hingga berjerawat.

Faktor terakhir ini lah yang selalu dirasakan oleh sebagian perempuan. Tumbuh jerawat di wajah tentunya bisa mengganggu penampilan dan kepercayaan diri. Wajah menjadi tampak kurang bersih.

Penyebabnya adalah wajah yang berminyak akibat meningkatnya hormon di tubuh. Hal itu memicu pertumbuhan jerawat, apalagi jika sering terkena debu dan jarang dibersihkan, membuat jerawat kian subur.

Hal ini sering dialami Sinta. Warga Kayutangi, Banjarmasin, ini hampir tiap kali datang bulan mengalaminya. Parahnya lagi, jerawatnya banyak dan susah hilangnya. “Sembuhnya bisa lama sekali. Itu yang bikin kesal,” ucapnya, Selasa (18/04/2017).

Saat haid, wajahnya menjadi lebih berminyak. Tak lama kemudian jerawatnya bermunculan. “Jerawatnya kecil-kecil dan banyak. Mungkin saya sering begini karena faktor stres juga, karena banyaknya beban pekerjaan, dan sebagainya,” bebernya.

Audia Nur Yeni atau Yeyen malah sebaliknya. Ia justru jarang berjerawat karena wajahnya sering ia rawat secara memasdai. Walau begitu, tetap saja sesekali jerawatnya muncul meski tak seberapa.

Hal ini terjadi ketika dirinya banyak beraktivitas di luar ruangan dan sering terkena debu, wajahnya akan lebih kotor. “Biasanya menjelang haid, ada saja jerawat saya muncul. Mungkin karena faktor pekerjaan saya yang sering di lapangan, sering kena panas dan debu,” akunya.

Namun bisa juga dikarenakan pola makannya yang tidak teratur dan kurang tidur. Faktor stres juga bisa menjadi penyebabnya. Misalnya, saat dirinya sedang banyak pikiran, biasanya di sekitar hidung dan pipinya akan berjerawat.

Sebagai perempuan, dia sering mengantisipasi munculnya jerawat dengan sering mengonsumsi vitamin C, memperbanyak makan buah dan sayur serta meminum banyak air putih. “Saya rutin meminum air putih sehari dua liter,” sebutnya.

Selengkapnya simak di Banjarmasin Post edisi, Rabu (19/04/2017).

(yayu fathilal)

Penulis: Yayu Fathilal
Editor: Idda Royani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help