BPost Edisi cetak

Ternyata Warga Pulau Sebuku Hanya Dapat Janji Politik Kepala Daerah

Rencana pertemuan kembali dilakukan pada 3 Mei 2017, menentukan kembali beroperasi feri penyeberangan tersebut

Ternyata Warga Pulau Sebuku Hanya Dapat Janji Politik Kepala Daerah
dokumen
BPost edisi Selasa (18/4/2017) 

BANJARMASINPOST.CO.ID - PERTEMUAN pengunjuk rasa menuntut beroperasinya feri penyeberangan Teluk Masjid-Pulau Sebuku dengan DPRD Kotabaru, Senin (17/4) tak membuahkan hasil. DPRD pun kembali mengagendakan pertemuan ulang melibatkan pihak-pihak terkait dan perwakilan masyarakat.

Rencana pertemuan kembali dilakukan pada 3 Mei 2017, menentukan kembali beroperasi feri penyeberangan tersebut. Nurvia, Plt Kepala Dinas Perhubungan Kotabaru saat pertemuan dengan para pengunjuk rasa mengatakan, pihaknya tak bisa memberikan sikap sebelum menyampaikan ke bupati terkait tuntatan masyarakat. “Saya akan menyampaikan dulu ke bupati,” ujarnya.

Diakuinya, beroperasinya feri penyeberangan tidak terlepas dari janji politik bupati Kotabaru. “Sebenarnya kalau izin berlayarnya ada, dan dikeluarkan KUPT KSOP Sebuku. Tapi KUPT Sebuku tidak memperpanjang lagi izin setelah ada interpelasi. Kalau izin lainya sedang proses,” jelasnya.

Kecamatan Pulau Sebuku satu dari 21 kecamatan di Kabupaten Kotabaru. Pulau yang berada di ujung Utara ini, memiliki luas wilayah 225,5 kilometer persegi dengan jumlah penduduk 7.000 lebih.

Kecamatan Pulau Sebuku terpisah dari daratan Pulaulaut (ibu kota kabupaten) yang membuat Pulau Sebuku terisolasi. Padahal, pulau ini memiliki potensi sumber daya alam melimpah. Selain pertambangan bijih besi dan batubara, sektor perkebunan seperti kelapa, lada dan karet menjadi primadona. Sebagian warga Pulau Sebuku adalah nelayan dan karyawan perusahaan tambang.

Meskipun sebagai daerah penghasil tambang dan sektor perkebunan, kehidupan masyarakat di pulau sebuku masih tergolong di bawah harapan. Kondisi itu, tidak terlepas dari keterisolasian daerah itu menjadi salah satu indikator lambannya pergerakan perekonomian masyarakat.

Selengkapnya baca harian Banjarmasin Post hari ini, Selasa (18/4/2017), atau klik http://epaper.banjarmasinpost.co.id

BPost edisi Selasa (18/4/2017)
BPost edisi Selasa (18/4/2017) (dokumen)
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help