Home »

Video

NEWS VIDEO

Warga Bersikeras Bertahan Saat Eksekusi Pembebasan Lahan Bandara Syamsudin Noor

Sejak pagi halaman parkir kantor Angkasa Pura I dipadati anggota kepolisian, truk pun disiapkan untuk memulai eksekusi pembebasan lahan Bandara

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Sejak pagi halaman parkir kantor Angkasa Pura I dipadati anggota kepolisian, truk pun disiapkan untuk memulai eksekusi pembebasan lahan Bandara Syamsudin Noor, Rabu (19/4/2017).

Sisi lain, sejumlah orang mengaku warga setempat sudah terlihat berkumpul di sekitar area eksekusi. Aparat pun sudah memasuki kawasan Tegal Arum. " Saya pilih bertahan , ingin transparansi," ucap Eko warga Tegal Arum RT 43, Kelurahan Syamsudin Noor.

Warga tak hanya terlihat di sekitar RT 41. Sementara warga didampingi pengacara Robert ngotot bertahan, Robert itu melakukan orasi dengan pengeras suara dan dengan badan dirantai di tiang rumah.

Rumah yang diketahui milik Noor Rachman itu sudah dipenuhi aparat. Semetara pemilik dan pengacara pilih melawan dengan terus mengikatkan diri dengan rantai. Agenda di rumah itu yakni pembacaan penetapan eksekusi.

Penetapan eksekusi sudah dibacakan. Tapi aksi ngotot warga masih sengit di Rumah yang diketahui milik Noor Rachman. Sementara petugas terpantau sudah memutuskan jaringan listrik rumah itu. Beberapa di antara petugaspun sudah memasuki rumah.

Tahap eksekusi pembebasan lahan Bandara Syamsudin Noor berlangsung alot. Hingga waktu menunjukkan pukul 10.00 WITA , eksekusi tetap berlangsung. Barang juga mulai diangkut satu persatu.

Informasi terhimpun, Adapun personil gabungan sebanyak 350 orang dari TNI POLRI, PT.AP I dan 9 juru sita serta 1 panitera dari pengadilan negeri Banjarbaru.

Untuk pelaksanaan eksekusi tiap rumah yang akan dieksekusi disiapkan 1 unit truk dan 6 buruh.

"Alhamdulilah kondusif saja, ini finalnya dan berlangsung lancar berkat dukung banyak pihak.

Kami mengedepankan langkah persuasif dan tetap memperhatikan faktor kemanusiaan. Jadi data terbarunya, ada 39 bidang yang dieksekusi terdiri dari 17 lahan bangunan dan 22 lahan kosong," ucap General Manager PT Angkasa Pura I, Bandara Syamsudin Handy Heryudhitiawan. (Banjarmasin Post/Nia Kurniawan)

Penulis: Nia Kurniawan
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help