Makna Hari Kartini

Berbusana Tradisional, Redha Bacakan Surat Kartini

Terlihat diantaranya Redha siswa Kelas XI IPS 2 yang dengan lantang dan percaya diri membacakan surat Kartini berjudul tentang angan-angan Kartini.

Berbusana Tradisional, Redha Bacakan Surat Kartini
hari widodo
Siswa kelas XI IPS 2 SMAN 2 Martapura membacakan salah satu surat Kartini dalam lomba membaca surat kartini yang digelar di sekolah itu. 

BANJARMASINPOST.CO.ID. MARTAPURA -Tidak sekedar mengenakan busana tradisional siswa-siswi di SMAN 2 Martapura mengisi peringatan Hari Kartini dengan menggelar beragam lomba. Salah satunya mereka menggelar lomba membaca surat Kartini.

Terlihat diantaranya Redha siswa Kelas XI IPS 2 yang dengan lantang dan percaya diri membacakan surat Kartini berjudul tentang angan-angan Kartini.

"Semoga melalui banyak sekali penderitaan dan kesedihan kami berhasil menciptakan sesuatu bagi rakyat kami. Terutama bermanfaat bagi kaum wanita kami. Bagaimanapun kecilnya..," ujar Redha membacakan surat Kartini di depan kawan-kawanya.

Menurutnya, lomba membaca surat Kartini ini membuatnya tahu dan memahami isi surat Kartini.

"Kami jadi mengenal sosok Kartini melalui surat yang diperlombakan hari ini," ujarnya.

Ketua Pelaksana Peringatan Hari Kartini, Hj Ayu Herlina Rustam mengatakan, gelaran lomba baca surat Kartini ini untuk lebih mengenalkan siswa-siswi di sekolah ini terhadap sosok Kartini yang tergambar di dalam surat-suratnya.

Selama ini, tidak banyak siswa yang mengetahui suratnya seperti apa. Mereka tahunya judulnya Habis Gelap terbitlah terang.

"Hanya sebatas itu. Kita ingin siswa-siswi kita mengetahui cita-cita, impian dan harapan ibu Kartini terhadap kaum wanita di Indonesia," terangnya.

Dikatakabbya, selain menggelar lomba membaca surat Kartini di sekolah itu juga digelar berbagai lomba diantaranya lomba inspiratif siswa-siswi, lomba pidato lingkungan hidup dan juga lomba bazar hasil daur ulang serta penanaman tanaman hias di tiap kelas.

"Gelaran lomba dalam rangka Kartini ini kita tautkan dengan peringatan Hari Bumi. Kami ingin menanamkan siswa kami untuk mencintai lingkungan," terangnya. (wid)

Penulis: Hari Widodo
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help