BanjarmasinPost/
Home »

Video

NEWS VIDEO

Gubernur Kalsel Langsung Turun Tangan Mencoba Alat Pemadam Kebakaran

Paman Birin langsung mencoba salah satu alat pemadam kebakaran bantuan Pemerintah Republik Indonesia kepada Pemprov Kalimantan Selatan

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor melakukan pengecekan alat pemadam kebakaran serta kesiapan siagaan petugas damkar serta anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalimatan Selatan, di kawasan Perkantoran Sekda Provinsi Kalsel di Banjarbaru, Jum'at (21/4/2017) sekitar pukul 10.30 wita

Dalam pengecekan ini, pria yang suka disapa Paman Birin langsung mencoba salah satu alat pemadam bantuan Pemerintah Republik Indonesia kepada Pemprov Kalimantan Selatan.

Alat pemadam ini beda dari yang lain. Sebab alat pemadaman ini menyemprotkan bahan busa (foam).

Paman Birin begitu cekatan menyemprot api ke titik api yang berasal dari bahan ban yang sengaja dibakar.

"Walau sempat macet tadi alatnya, namun berfungsi dengan bagus sehingga diharapkan nantinya bisa dipakai apabila terjadi sebuah musibah kebakaran," ujar Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor.

Diungkapkanya, pemeriksaan alat damkar dan kesiapan petugas damkar dan petugas BPBD dilakukan untuk mengecek kesiapan apabila terjadi kebakaran termasuk kebakaran hutan dam lahan (karhutla).

"kita perintahkan BPBD untuk mengecek kesiapan ini," tandasnya.

Menurut Gubenur, tahun 2016 kebakaran hutan dan lahan mampu diminimalisir dengan baik. Diharapkan untuk ditahun 2017 bagaimana cara cepat pemadaman kebakaran hutan dan lahan.

Ada pun Wahyuddin kepala BPBD Provinsi Kalsel menyatakan bawa saat ini pihak nya sudah memiliki peralatan yang memadai dan jumlah nya sekitar 19 unit termasuk 5 unit baru bantuan Pemerintah Pusat yang khusus untuk pemadaman di lokasi kebakaran hutan dan lahan yang sulit ditempuh jalurnya.

"Untuk unit bantuan dari Pemerintah Pusat yakni alat pemadam dengan foam (sabun) nantinya bisa juga dipakai Kabupaten Kota di Kalimantan Selatan," papar Wahyuddin atau yang akrab disapa Ujud. (*)

Penulis: Nurholis Huda
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help