BanjarmasinPost/

Kadinkes Puji Posbindu PTM Sungai Tabuk 1

Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM) Sungai Tabuk 1 telah menjadi Posbindo PTM yang mandiri.

Kadinkes Puji Posbindu PTM Sungai Tabuk 1
Istimewa
Posbindu PTM Sungai Tabuk 

BANJARMASINPOST. CO. ID, MARTAPURA – Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM) Sungai Tabuk 1 telah menjadi Posbindo PTM yang mandiri.

Kader dan petugas posbindu PTM Sungai Tabuk yang dibina oleh Puskesmas Sungai Tabuk secara rutin setiap bulannya menggelar kegiatan pelayanan kesehatan.

Antusias warga pun terlihat setiap posbindu menggelar pelayanan kesehatan dengan banyaknya warga yang memanfaatkan posbindu untuk memeriksakan kesehatannya.

Tidak heran Kepala Dinkes Banjar H Ikhwansyah pun memuji kinerja Posbindu PTM Sungai Tabuk 1.

"Kami tentu bangga melihat kinerja kader posbindu yang telah mampu secara mandiri melakukan kegiatan rutin seperti ini setiap bulannya. Posbindu di tempat lain, juga harus bisa melakukannya," ujar Ikhwansyah.

Menurut Ikhwansyah, Posbindu PTM adalah salah satu UKBM yang ada di masyarakat yang bersifat promotif dan preventif dalam penanggulangan penyakit tidak menular.

Sasarannya adalah semua masyarakat yang berumur di atas 15 tahun. Kegiatan Posbindu PTM sejatinya merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh masyarakat dan untuk masyarakat.

“Tetapi bagi Posbindu PTM yang masih baru dibentuk, masih menjadi tanggung jawab dari Puskesmas dalam hal pembinaannya dengan berpedoman pada Juknis Posbindu PTM. Apabila kader dianggap sudah mampu melaksanakan kegiatan sendiri maka Posbindu PTM bisa berjalan sendiri,” terangnya. (*)

Penulis: Hari Widodo
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help