BanjarmasinPost/

Berita HSS

Memaknai Hari Kartini, Begini Menurut Galuh HSS Aulia Gusrina Zuz

Sosok kartini bagi Aulia Gusrina Zuz yakni semua perempuan yang berjuang untuk mendapatkan hidup yang jauh lebih baik.

Memaknai Hari Kartini, Begini Menurut Galuh HSS Aulia Gusrina Zuz
Istimewa
Galuh HSS Duta Lingkungan Kalsel, Aulia Gusrina Zuz

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Sosok kartini bagi Aulia Gusrina Zuz yakni semua perempuan yang berjuang untuk mendapatkan hidup yang jauh lebih baik.

Bagi galuh Hulu Sungai Selatan (HSS) 2012 dan Duta Lingkungan Hidup Kalimantan Selatan (Kalsel) 2016 ini mengatakan sosok kartini masa kini adalah perempuan yang bisa memberikan inspirasi bagi lingkungan sekitarnya.

Bertanggung jawab, berdikari tinggi untuk selalu berusaha mewujudkan persamaan hak perempuan baik di sektor publik maupun sektor domestik.

"Kalau kita melihat pada zaman kartini dan mendengar “perempuan“, pasti pikiran kita telah tertuju kepada persoalaan gender, rendahnya untuk mengambil pendidikan, persoalan pelecehan, dan sebagainya," katanya, kemarin.

Menurutnya dari sinilah sosok kartini memperjuangkan perempuan agar mempunyai hak dan tidak terbelakang sehingga perempuan pantas untuk dipandang dan dihargai.

Budaya perempuan pada masa lalu seperti kita ketahui yaitu perempuan tidak diperbolehkan untuk berpendidikan tinggi karena akhir dari seorang wanita ialah hanya untuk memasuki ruang lingkup dapur.

Mirisnya nasib perempuan pada masa lalu seharusnya bisa dijadikan pelajaran penting bagi perempuan era modern sekarang ini, sudah seharusnya perempuan pada masa sekarang ini tidak lupa pada sejarah perjuangan Kartini.

Berikut data Data Profil:

Nama: Aulia Gusrina Zuz
Alamat: Jalan H Zaferi Zamzam RT 002 Kecamatan Kandangan HSS
TTL: Sampit, 3 Agustus 1994

Pendidikan: SDN 5 Mentawa Baru Hilir Sampit, SDN Jambu Hilir Baluti 2 Kandangan, SMPN 1 Kandangan, SMAN 2 Kandangan. S1 Teknik Lingkungan Universitas Lambang Mangkurat

Prestasi: Juara 1 Karya ilmiah remaja Fakultas Kedokteran ULM 2010, Duta anak Kalsel 2010, Juara satu Poetry recital AWWE FKIP Bahasa Inggris ULM 2011, Galuh HSS 2012, Juara satu Duta Lingkungan Hidup Kalsel 2016 dan banyak prestasi lainnya. (*)

Penulis: Aprianto
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help