Berita Hulu Sungai Tengah

Kenang Sejarah Brimob di HST, Ini yang Dilakukan Anak Purnawirawan

Kegiatan reuni dilaksanakan Minggu (23/4/2017) di rumah Musni Hadi, salah satu tokoh mantan anggota Brimob 832 di Rasak, Desa Gambah

Kenang Sejarah Brimob di HST, Ini yang Dilakukan Anak Purnawirawan
Banjarmasinpost.co.id/Hanani
Reuni putra-putrd mantan anggota Brimob 823 Pagat, di Desa Gambah Kecamatan Barabai, Hulu Sungai Tengah, Minggu (23/4/2017). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Tak banyak warga Hulu Sungai Tengah yang mengetahui, di Kabupaten ini pernah ada markas Brigade Mobil (Brimob) Bataliyon 832 Pagat.

Markas yang dibangun 1960 di Pagat, Kecamatan Batubenawa, sekitar tujuh kilometer dari kota Kabupaten tersebut dibubarkan pada 1972. Sekarang, lokasi markas Brimob tersebut dijadikan asrama polisi untuk Polres HST.

Untuk mengenang sejarah keberadaan Brimob di HST, serta kebersamaan mereka semasa kecil sebagai putra-putri mantan anggota Brimob yang bertugas di sana, mereka melaksanakan temu kangen.

Ini sekaligus reuni putra-putri anak pensiunan di Brimob tersebut. Kegiatan reuni dilaksanakan Minggu (23/4/2017) di rumah Musni Hadi, salah satu tokoh mantan anggota Brimob 832 di Rasak, Desa Gambah, Kecamatan Barabai.

Satu putra mantan anggota Brimob 823, AKP Agus Winartono yang juga Kasubbag Humas Polres Hulu Sungai Selatan mengaku terharu saat bertemu dengan teman-teman semasa kecilnya saat tinggal di Asrama Brimob Pagat.

Muhammad David, yang juga putra mantan purnawirawan Bromob yaitu Gustaf Adolf pun sempat menceritakan suka duka, dan kenangan waktu tinggal di asrama Brimob, hingga banyak yang meneteskan air mata.

“Tak terasa 40 tahun sudah berlalu, kita berpisah, kemudian bertemu lagi di sini setelah semua punya kehidupan, keluarga, serta profesi masing-masing,”kata David, yang juga ketua Dewan Pendidikan HST.

Adapun tokoh purnawirawan Brimob yang hadir, antara lain Rahman, Musni, Martopo dan Suhadi. Kesempatan itu dimanfaatkan mereka untuk memberikan bingkisan kepada para sesepuh purnawirawan tersebut.

Juga dilaksanakan pameran foto zaman dulu, semasa di Brimob Pagat. Sebelumnya didilakukan ziarah bersama ke Taman Makam Pahlawan Kesuma Bangsa, di Pagat kecamatan Batubenawa, yang jaraknya tak jauh dari Asrama Polisi Polres HST.

Pada pertemuan itu, jelas Agus WInartono juga dibentuk kepengurusan putra putri mabtan anggota Brimob 823 Pagat serta rencana mendaftarkan organisasi mereka ke Kesbangpol Linmas HST.

Penulis: Hanani
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved