Berita Banjar

Kedokteran ULM Bantu Warga Kelampaian Ilir Latihan Olah Sampah Jadi Pupuk Kompos Takakura

Warga Desa Kelampaian Ilir Kecamatan Astambul antusias latihan mengelola dan mengolah sampah organik menjadi pupuk

Kedokteran ULM Bantu Warga Kelampaian Ilir Latihan Olah Sampah Jadi Pupuk Kompos Takakura
BANJARMASINPOST.CO.ID/HARI WIDODO
Ketua prodi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran ULM, M Luthfi Rahman saat memberikan pelatihan membuat pupuk kompos Takakura kepada warga Kelampaian Ilir Kecamatan Astambul. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Warga Desa Kelampaian Ilir Kecamatan Astambul begitu antusias mendengarkan penjelasan dan praktik bagaimana mengelola dan mengolah sampah organik menjadi pupuk.

Apalagi, kali ini Ketua prodi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran ULM, Fauzie Rahman SKM MPH, turun langsung menerangkan kepada warga bagaimana memanfaatkan sampah organik menjadi pupuk Takakura.

Pambakal Kelampaian Ilir, Suli pun mengaku sangat terbantu dengan bantuan dan penyuluhan Program Kreativitas Mahasiswa Prodi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran ULM.

Menurutnya warganya menjadi tahu bagaimana mengatasi sampah. Dan bagaimana memanfaatkan sampah organik menjadi pupuk serta memanfaatkan sampah yang masih memiliki nilai ekonomis.

"Terutama pupuk kompos Takakura. Warga kami kan petani. Tentu ini sangat membantu mereka untuk mendapatkan pupuk organik,"katanya.

Mahasiswa Prodi Kesehatan Masyarakat Eko Suhartono menjelaskan, penyuluhan pelatihan pembuatan kompos Takakura ini merupakan bagian dari program kreativitas mahasiswa yang didukung Dikti.

Kegiatan ini, bebernya, dimaksudkan untuk membimbing masyarakat bagaimana mengatasi sampah menjadi produk yang bermanfaat.

"Kami berharap permasalahan sampah di desa ini pasca penyuluhan dan pelatihan yang kami berikan bisa teratasi bahkan memberikan manfaat untuk warga," kata Eko bersama dua rekannya Lia Anggraini dan Anida Hasanah. (*)

Penulis: Hari Widodo
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help