Olahraga Banjarmasin

Amin Ingin Ingin Bikin Sekolah Catur di Tiap Kabupaten dan Kota

para pengurus dan pelatih catur di masing-masing daerah agar secepatnya melakukan pendataan atlet-atlet catur berprestasi

Amin Ingin Ingin Bikin Sekolah Catur di Tiap Kabupaten dan Kota
banjarmasinpost.co.id/M Rifki Ihsani
Gelaran Kejurprov catur yang dilaksanakan di Aula Gedung Kwarda Pramuka Banjarmasin, beberapa waktu lalu. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Rencana program kerja baik jangka panjang maupun jangka pendek tengah dipersiapkan Ketua Umum Pengurus Provinsi Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Pengprov Percasi) Kalimantan Selatan (Kalsel) terpilih, M Amin.

Satu program yang akan difokuskannya yakni mengupayakan pendirian sekolah catur di tiap kabupaten/kota di Kalsel. Dengan demikian, akan mempermudah pembinaan dan pelatihan bagi para bibit-bibit pecatur yang ada di tingkat daerah.

Pria yang akrab disapa Amin itu mengatakan, program mendirikan sekolah catur tersebut bisa diwujudkan apabila semua pihak bisa saling mendukung.

"Dengan kata lain, ada sinergi antara Percasi Kalsel, Percasi daerah, pemerintah daerah, maupun pihak swasta yang ada di masing-masing daerah. Karena, tidak bisa dipungkiri pembinaan atlet catur adalah tugas bersama," ujarnya.

Ditambahkannya, para pengurus dan pelatih catur di masing-masing daerah agar secepatnya melakukan pendataan atlet-atlet catur berprestasi di wilayah masing-masing.

"Dengan demikian, akan semakin mempermudah dalam melakukan pembinaan berkelanjutan. Kalau perlu, harus ada seleksi dulu sebelum digembleng di sekolah catur," imbuhnya.

Program lain yang dikatakan Amin juga tak kalah penting adalah berupaya mengagendakan kejuaraan catur yang dikemas layaknya liga sepakbola di tingkat Kabupaten/Kota se-Kalsel.

"Di Kalsel ada 13 kabupaten/Kota. Seandainya setiap kabupaten/Kota melaksanakan kejuaraan liga catur setiap bulannya, maka dalam sebulan akan ada 13 kejuaraan liga catur. Nantinya, setiap akhir tahun akan dilaksanakan kejuaraan liga pamungkasnya yang mempertemukan para jawara catur dari masing-masing Kabupaten/Kota," jelasnya.

Sementara, Ketua Pengprov Percasi Kalsel periode sebelumnya HM Rosehan NB berharap di bawah kepemimpinan Amin, Pengprov Percasi Kalsel bisa semakin maju.

"Selain pembinaan atlet, tujuan paling penting di Percasi Kalsel adalah meloloskan atlet catur ke Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020 di Papua. Saya optimistis Pak Amin mampu mewujudkan tujuan tersebut," harapnya.

M Amin terpilih sebagai Ketua Umum Pengprov Percasi Kalsel periode 2017-2021 usai menang suara atas pesaingnya, HM Rosehan MB melalui agenda Musyawarah Provinsi (Musprov) Percasi Kalsel 2017. Agenda ini dilaksanakan di Aula PWI Kalsel, Sabtu (15/4/2017) lalu. (Banjarmasinpost.co.id/Mariana)

Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved