Berita Banjarmasin

Perwira Polda Kalsel Ini Paparkan Faktor yang Pengaruhi Kebhinekaan

Faktor eksternalnya, pengaruh globalisasi yang disikapi secara negatif sehingga terjadi primordialisme, kebebasan yang kebablasan

Perwira Polda Kalsel Ini Paparkan Faktor yang Pengaruhi Kebhinekaan
BANJARMASINPOST.CO.ID/SALMAH
Keluarga besar Hasnur Group gelar silaturrahmi bersama ulama banua dan dialog kebangsaan di aula Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin, Kamis (27/4/2017) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Dialog kebangsaan dengan tema meneguhkan kondusifitas umat yang berlangsung di Aula Masjid Raya Sabilal Muhtadin, Kamis (27/4/2017) sore berlangsung menarik.

Disampaikan narasumber AKBP Toetoes SW, ada beberapa faktor internal yang mempengaruhi kebhinekaan.

"Belum terciptanya pemerataan pembangunan. Demografi Indonesia masih didominasi masyarakat low class (less fortunate people). Ada kesenjangan antara yang kaya dan miskin. Terakhir, demokrasi dimanipulasi, low class dimanfaatkan untuk kepentingan elit," papar Karo SDM Polda Kalsel ini.

Faktor eksternalnya, pengaruh globalisasi yang disikapi secara negatif sehingga terjadi primordialisme, kebebasan yang kebablasan, demokrasi dimanipulasi dan disintegrasi bangsa.

"Harus dilakukan adalah menjaga pertumbuhan ekonomi di atas 5 persen agar Indonesia menjadi kekuatan ekonomi 5 besar dunia. Kemudian menjaga stabilitas politik dan keamanan. Penting pula adalah peran mahasiswa sebagai generasi patuh hukum, menjadi agen perubahan dan generasi pembelajar. Tumbuhkan pemikiran solutif," jelas Toetoes.

Penulis: Salmah
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help