Berita Banjarmasin

Buruh Minta Fasilitas Keselamatan Pekerja kepada Kontraktor

Sudah sering kali diimbau pekerja konstrusi agar memperhatikan keselamatan kerjanya.

Buruh Minta Fasilitas Keselamatan Pekerja kepada Kontraktor
Istimewa
BPost edisi Senin (1/5/2017) 

News Analysis: Edi Suryadi, Ketua DPD Gapensi Kalsel

BANJARMASINPOST.CO.ID - PARA pekerja konstruksi terkadang masih enggan mengenakan pengaman memadai. Sementara jaminan sosial belum tentu ada, atau tidak memadai.

Sudah sering kali diimbau pekerja konstrusi agar memperhatikan keselamatan kerjanya. Selalu mengenakan pengaman seperti helm, boat, dan lainnya ketika memasuki kawasan proyek.

Terkait jaminan bagi pekerja, sudah ada yang membidangi jaminan ketenagakerjaan yakni BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.

Bagi pengusaha yang memiliki pekerja atau buruh tetap memberikan jaminan kepada pekerjan, karyawan atau staf. Pelaksanaan K3 sudah wajib dan setiap pekerjaan yang dilaksanakan sudah dibayarkan ke BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.

Setiap kontraktor sudah dikenakan pungutan, dari awal pelaksanaan sampai akhir proyek, semua sudah dijamin terkait ketenagakerjaannya.

Buruh atau pekerja juga harus aktif meminta fasilitas K3 tersebut. Jika buruh sudah terdaftar, sehingga terjamin kesehatannya dan juga mengatasi jika terjadi kecelakaan kerja.

Semua menjadi tertib dalam bekerja dan masalah yang dihadapi pekerja sudah terjamin.

Kalau kontraktor tidak melaporkan atau menjaminkan di BPJS Kesehatan atau di BPJS ketenagakerjaan, justru rugi sendiri. Karena tetap membayarkannya, hal ini sesuai tertuang dalam peraturan pemerintah.

Selengkapnya baca harian Banjarmasin Post hari ini, Senin (1/5/2017), atau klik http://epaper.banjarmasinpost.co.id

BPost edisi Senin (1/5/2017)
BPost edisi Senin (1/5/2017) (istimewa)
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help