Dunia Gadget

Ini Tips Hemat Baterai "Smartphone" Saat Liburan

Dengan jarak tempuh yang jauh, semakin seringnya ponsel digunakan hingga sinyal yang tidak stabil, salah satu “korban” terbesarnya adalah baterai

Ini Tips Hemat Baterai
THINKSTOCK.COM
Selfie saat traveling 

BANJARMASINPOST.CO.ID - SALAH satu kegiatan yang umum dilakukan para pekerja di akhir pekan, apalagi saat long weekend adalah berlibur ke luar kota. Dengan jarak tempuh yang jauh, semakin seringnya ponsel digunakan hingga sinyal yang tidak stabil, salah satu “korban” terbesarnya adalah baterai smartphone yang lekas habis.

Berikut berbagai tips untuk menghemat baterai smartphone saat berlibur ke luar kota.

1. Matikan fitur sinyal 4G saat di pelosok.

Sinyal 4G memberikan koneksi yang lebih cepat tetapi mengonsumsi baterai yang lebih banyak. Apalagi bila Anda berlibur ke daerah pelosok, ponsel Anda akan berusaha mencari sinyal 4G yang mengakibatkan baterai terkuras. Maka pakailah sinyal 3G, EDGE, atau bahkan GPRS saja.

2. Jangan lupa bawa power bank.

Siapkan charger portabel (Power Bank) untuk mengisi baterai disaat tidak ada sumber daya. Pilihan lain adalah membawa charger ponsel khusus untuk mobil. Jadi saat di mobil sewaan atau bus, Anda bisa mengisi baterai.

3. Turunkan kecerahan layar.

Kecerahan layar yang tinggi sangat menguras baterai. Jadi lebih baik turunkan tingkat kecerahan lampu layar, walau akan sedikit sulit melihat layar tetapi baterai akan jauh lebih hemat.

4. Hindari main game, usir bosan dengan musik.

Bermain game artinya smartphone Anda bekerja dengan berat menggunakan mesin dan layarnya. Jadi untuk mengusir bosan lebih baik Anda mendengarkan musik saja (pakai headset), karena memutar musik pada smartphone adalah kegiatan yang enteng dan tidak menguras baterai gadget Anda.

Halaman
12
Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved