Berita Olahraga

Regulasi Cabor Beladiri Berubah

Regulasi pertandingan pada cabang olahraga (cabor) beladiri terus mengalami perkembangan dan perubahan.

Regulasi Cabor Beladiri Berubah
net
judo 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Regulasi pertandingan pada cabang olahraga (cabor) beladiri terus mengalami perkembangan dan perubahan.

Di antaranya cabor karate, merilis peraturan terbaru mengenai penjurian dan pertandingan, yakni menggunakan aturan versi World Karate Federation (WKF) Januari 2017.

Senada dengan karate, cabor judo juga mengalami perubahan. Beberapa waktu lalu, International Judo Federation (IJF) pun mengeluarkan aturan terbaru yang wajib diterapkan ke semua pertandingan judo di seluruh dunia.

Pengurus Bidang Pembinaan Prestasi (Binpres) Pengurus Provinsi Persatuan Judo Seluruh Indonesia (Pengprov PJSI) Kalimantan Selatan (Kalsel), Jumadiono mengatakan, aturan terbaru dari IJF tersebut harus dipelajari dan disosialisasikan.

"Terkait hal itu, Pengurus Besar (PB) PJSI Pusat memanggil perwakilan pelatih dan wasit judo seluruh Indonesia untuk mengikuti seminar mengenai aturan baru tersebut," paparnya.

Dalam seminar tersebut, Pengprov PJSI Kalsel mengikutsertakan dua perwakilan. Yakni, Jumadiono sendiri selaku pelatih, serta Timothy selaku wasit.

"Setiap daerah dibatasi hanya mengikutsertakan dua utusan. Kebetulan, untuk Pengprov PJSI Kalsel, yang diberi mandat adalah saya dan Timothy," terangnya.

Dikatakan Jumadiono, usai mengikuti seminar tersebut, baik dia dan Timothy wajib menyosialisasikannya kepada para wasit dan pelatih judo se-Kalsel.

"Konsepnya, ada kemungkinan nanti kami akan roadshow ke daerah-daerah untuk menyosialisasikannya. Namun, ada juga opsi lain, yakni mengadakan semacam workshop wasit dan pelatih judo se-Kalsel untuk menyosialisasikan aturan baru tersebut," ujarnya.

Secara spesifik, Dia mengaku tak sepenuhnya mengetahui apa saja perubahan dan tambahan dalam peraturan judo versi baru itu.

"Yang saya tahu, aturan baru akan diterapkan di kejuaraan-kejuaraan judo yang dilaksanakan dalam waktu dekat ini, terutama Kejurnas Kartika Cup 2017 di Bandung, pada pertengahan Mei nanti. Termasuk pula pertandingan judo di ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalsel 2017 di Tabalong," pungkasnya. (Mariana)

Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help